yoldash.net

Luhut Jelaskan Alasan Dirawat di Singapura, Bukan di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan bagaimana dirinya bisa dirawat di Singapura alih-alih di Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan bagaimana dirinya bisa dirawat di Singapura alih-alih di Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan bagaimana dirinya bisa dirawat di Singapura alih-alih di Indonesia.

"Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura," kata Luhut dalam unggahan di Instagram, Sabtu (4/11).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal," lanjutnya.

"Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," kata Luhut.

ADVERTISEMENT

Luhut kemudian menjalani pemulihan hampir sebulan di Singapura pasca dirinya dilaporkan sakit pada awal Oktober. Menurut Luhut, ketika awal-awal menjalani pemulihan di Singapura, ia hanya ditemani oleh tim dokter, seorang ajudan, serta istri juga anak.

Ia juga mengaku tidak diperkenankan menerima tamu, bahkan menjawab ponsel sekalipun. Seluruh panggilan telepon kepada dirinya hanya boleh melalui ajudan menurut hasil keputusan keluarga.

"'Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu', begitu ucapan istri dan anak saya." kata Luhut.

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini." lanjutnya.

Kini, Luhut mengaku sudah boleh memegang ponsel sejenak untuk "menengok urusan kerja" meski belum sepenuhnya. Ia pun sudah dijenguk oleh Presiden Joko Widodo.

Luhut menampilkan momen dirinya memberikan hormat saat Jokowi datang menjenguk. Kata Luhut, ia juga dijenguk oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, dan sejumlah menteri dan teman-temannya.

"Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali." kata Luhut.

[Gambas:Instagram]



Kabar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan jatuh sakit beredar pada awal Oktober 2023. Kala itu sejumlah foto diklaim sebagai kondisi Luhut dengan alat bantu pernapasan.

Jubir Kemenko Marves Jodi Mahardi membantah foto tersebut dan menyebutnya sebagai hoaks. Meski begitu, hingga saat ini tidak ada penyakit spesifik yang diumumkan sebagai penyebab Luhut jatuh sakit selain daripada kelelahan.

(Tim/end)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat