yoldash.net

4 Penyebab Lampu Mobil Tidak Mau Padam

Penting untuk memperhatikan bagian lampu, dan bila tidak sempat ada baiknya kunjung bengkel terpercaya.
Ada beberapa penyeban lampu depan atau utama mobil tidak mau padam. Lakukan pengecekan di rumah atau menyerahkannya ke bengkel terpercaya. (iStockphoto/y_carfan)

Daftar Isi
  • 1. Sambungan kabel tidak tepat
  • 2. Adanya masalah pada skering
  • 3. Adanya penumpukan debu
  • 4. Mobil jarang diservis
Jakarta, Indonesia --

Mobil yang terawat dengan baik akan beroperasi secara optimal, sementara mobil yang tidak mendapat perawatan akan mengalami kerusakan, misalnya lampu mobil tidak dapat dimatikan.

Bila situasi seperti itu dibiarkan terus-menerus, pasti akan mengurangi kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagian lampu, dan bila tidak sempat ada baiknya kunjung bengkel terpercaya.

Perlu juga mengetahui apa saja yang dapat memicu lampu mobil menyala terus-menerus agar pengguna paham cara mengatasinya dengan baik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disitat dari keterangan resmi Auto2000, berikut pemicu lampu mobil tidak mau mati:

ADVERTISEMENT

1. Sambungan kabel tidak tepat

Koneksi kabel tidak sesuai atau terputus di dalam mobil bisa menyebabkan lampu tetap menyala. Koneksi longgar atau terputus dapat menghasilkan arus listrik terus mengalir ke lampu.

Ini dapat terjadi karena perbaikan kurang akurat atau karena kerusakan fisik pada kabel. Oleh karena itu, penting untuk membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya untuk semua perbaikan diperlukan.

2. Adanya masalah pada skering

Skering merupakan bagian vital dari sistem listrik mobil berperan untuk melindungi sirkuit listrik dari kerusakan akibat arus berlebihan.

Saat sekering mengalami masalah seperti putus atau rusak, aliran ke lampu bisa terganggu, menyebabkan lampu tetap menyala tanpa dapat dimatikan.

Lihat Juga :

3. Adanya penumpukan debu

Akumulasi debu dan kotoran sekitar sakelar lampu atau di dalam housing lampu dapat menyebabkan lampu mobil tidak dapat dimatikan.

Debu menumpuk dapat membuat sakelar lampu terjepit atau mengganggu fungsinya sehingga lampu tetap menyala meskipun dalam posisi off.

4. Mobil jarang diservis

Bila mobil tidak diservis secara teratur, hal ini bisa menyebabkan lampu tidak dapat dimatikan.

Komponen seperti saklar lampu, kabel-kabel, dan sekering perlu diperiksa secara berkala dan dirawat untuk memastikan kinerja optimal.

Mobil jarang diservis dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada lampu mobil.

[Gambas:Video CNN]



(bil/mik)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat