yoldash.net

Review Xiaomi Redmi 13: Tajam Fotonya, Hangat Gamenya

CNNIndonesia.com menguji selama kurang lebih 10 hari Hp Xiaomi Redmi 13 yang baru meluncur di Indonesia. Bagimana hasilnya?
Redmi 13 menjadi ponsel segmen entry level terbaru dari Xiaomi yang diklaim memiliki kualitas kamera mumpuni. (Foto: CNN Indonesia/Damar Iradat)

Jakarta, Indonesia --

Redmi 13 menjadi ponsel segmen entry level terbaru dari Xiaomi yang diklaim memiliki kualitas kamera mumpuni. Sebagus apa hasil performanya?

Ponsel terbaru Redmi ini resmi dirilis di Indonesia pada Rabu (5/6). Hp ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Midnight Black, Sandy Gold, dan Ocean Blue.

Redmi 13 dijual dengan dua varian, yakni 8 GB/128 GB dan 8GB/256 GB. Harganya pun ramah di kantong.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk varian 8GB/128GB Xiaomi menjualnya dengan harga Rp1.999.000. Sedangkan varian 8GB/256GB dibanderol Rp2.199.000

Indonesia.com berkesempatan menjajal kemampuan Redmi 13 sekitar satu pekan sebelum peluncuran. Unit smartphone yang diuji adalah varian warna Midgnight Black dengan spesifikasi memori/storage 8/256 GB.

ADVERTISEMENT

Redmi 13Bagian belakang ponsel ini sekilas mirip dengan Redmi Note 13 Series yang lebih dulu meluncur awal tahun ini. (Foto: Indonesia/Damar Iradat) 

Desain

Redmi 13 hadir dengan desain selayaknya hp saat ini, yakni bodi samping flat dengan ujung melengkung. Desain ini dipadukan bodi bagian belakang berbahan kaca, membuat terlihat cukup 'glowing' dan elegan.

Meski begitu, Redmi 13 masih terkesan 'jadul' lantaran masih menyematkan pemindai sidik jari di bagian samping yang tertanam di tombol daya. Padahal, saat ini hampir kebanyakan smartphone sudah mulai menggunakan sensor sidik jari yang dipasang di dalam layar.

Bagian belakang ponsel ini sekilas mirip dengan Redmi Note 13 Series yang lebih dulu meluncur awal tahun ini. Pasalnya, Redmi menempatkan dua kamera belakang yang menonjol keluar dengna bagian flash ada di sisi kanan di antara kedua kamera.

Redmi 13 memiliki dimensi panjang 168,6 mm x 76,28 mm x 8,3 mm. Beratnya mencapai 205 gram, membuat ponsel ini cukup nyaman dan ringan sangat digenggam untuk pemakaian sehari-hari.

Layar

Ponsel ini menggunakan layar berukuran 6,79 inci dengan resolusi Full HD+ dan dengan dukungan refresh rate 90Hz, serta tingkat kecerahan maksimum 550 nits.

Untuk sekadar menonton film atau series di Netflix, ponsel ini enggak buruk-buruk amat. Namun, warna dari layar terlihat kurang cerah dan gambarnya tidak terlalu detail.

Pun saat dicoba menonton video 4K di YouTube gambar yang dihasilkan masih terlihat kurang tajam, tapi terasa wajar jika melihat harga yang ditawarkan Xiaomi.

Saat dipakai di luar ruangan siang hari, Hp ini sedikit kurang nyaman karena layarnya kurang terang, padahal pengaturan kecerahan layar sudah mentok kanan.

Di sisi lain, sensasi scrolling di Hp ini juga terasa smooth dan tidak berat. Saat scrolling di aplikasi-aplikasi media sosial seperti X (sebelumnya Twitter), Instagram, dan TikTok juga terasa lancar dan tidak terlalu berat.

Kamera

Salah satu fitur yang paling ditonjolkan Xiaomi dalam Redmi 13 adalah kamera utama beresolusi 108 MP (f/1.7). Lantas, bagaimana hasil fotonya?

Ponsel ini juga sudah didukung in-sensor zoom 3 dan bisa zoom maksimal hingga 10 kali. Kamera depannya juga dibekali dengan resolusi 13 MP.

Untuk kamera utama 108 MP pada pengaturan 1 kali zoom, terlihat hasil foto yang cukup detail dan warna yang tajam. Terlebih jika foto diambil di luar ruangan.

Hasil jepretan Xiaomi Redmi 13Hasil jepretan Xiaomi Redmi 13 di luar ruangan. (Foto: Indonesia/Damar Iradat)

Foto yang dihasilkan sangat jernih dan kontras yang baik, sehingga menampilkan tekstur yang kaya dan warna akurat.

Saat foto di dalam ruangan yang minim cahaya seperti di pasar pun hasilnya masih cukup memuaskan. Seperti gambar di bawah ini.

Hasil Jepretan Redmi 13Hasil jepretan Redmi 13 di dalam ruangan yang gelap dan minim cahaya. (Foto: Indonesia/Damar Iradat)

Hasil foto pada malam hari juga bisa dibilang tidak buruk-buruk amat, bahkan cenderung jernih.

Bahkan, jika foto hingga 10 kali zoom seperti gambar di bawah ini.

Hasil Jepretan Redmi 13Hasil jepretan Redmi 13 dengan 10 kali zoom pada malam hari agak sedikit buram. (Foto: Indonesia/Damar Iradat)

Sementara itu, mode portrait pada kamera ponsel ini juga terbilang cukup mumpuni.

Objek yang difoto dengan fokus terlihat detail dan tajam, sementara latar belakangnya terlihat blur dengan sempurna.

Hasil Jepretan Redmi 13Hasil jepretan mode portrait ponsel Redmi 13. (Foto: Indonesia/Damar Iradat)

Performa dan daya di halaman berikutnya...

Performa dan Daya Tahan Baterai

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat