yoldash.net

Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Starlink di Bali Minggu ini

Peresmian operasional Starlink di Indonesia bakal dilakukan di di Bali akhir pekan ini.
Ilustrasi. Peresmian operasional Starlink di RI segera digelar. (AFP/YASUYOSHI CHIBA)

Jakarta, Indonesia --

World Water Forum (WWF) 2024 di Bali bakal jadi ajang peresmian operasional layanan internet satelit Starlink di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Bos Starlink Elon Musk akan meresmikan layanan internet satelitnya tersebut di Indonesia bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (19/5).

Pernyataan tersebut disampaikan Luhut usai memberikan arahan dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bareskrim Polri di Anvaya Resort, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Elon Musk akan meresmikan bersama Presiden Starlink untuk mempermudah komunikasi di daerah terpencil. Ini akan dilakukan pada hari Minggu (19/5)," katanya, dikutip dari Antara.

ADVERTISEMENT

Namun, Luhut tidak memberikan rincian terkait layanan Starlink dan operasinya di Tanah Air.

Tak hanya meresmikan Starlink, Luhut menyebut Musk juga akan hadir di Bali sebagai salah satu pembicara dalam World Water Forum ke-10.

"Elon Musk akan diundang sebagai pembicara publik pada pembukaan World Water Forum Ke-10," tuturnya.

Starlink sendiri saat ini telah mendapat semua izin operasi di Indonesia, termasuk lolos Uji Laik Operasi (ULO).

Perusahaan besutan Elon Musk itu pun sudah memasang banderol harga untuk layanan-layanan yang ditawarkan di situsnya. Sejumlah masyarakat bahkan telah menguji sendiri layanan internet satelit tersebut.

Ada dua opsi paket layanan yang diberikan Starlink, yakni personal dan bisnis.

Masing-masing opsi terbagi menjadi tiga kategori paket, yakni residensial atau lokasi tetap, jelajah atau mobilitas darat, dan kapal atau mobilitas di laut.

Selain membayar biaya langganan, setiap layanan yang diberikan mengharuskan pengguna untuk membeli serta perangkat penerima sinyal satelit.

Starlink sendiri saat ini telah beroperasi di puluhan negara. Selain Indonesia, negara tetangga Malaysia dan Filipina juga telah bisa mendapatkan layanan Starlink.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat