yoldash.net

2022 Masih Saja Percaya Teori Konspirasi, Kok Bisa? - Halaman 2

Tak sedikit orang yang percaya kepada teori konspirasi semisal teori Bumi datar dan Covid-19 meski tak masuk akal. Pakar pun mengungkap sebabnya.
Salah satu teori konspirasi populer adalah bumi datar. (Foto: Istockphoto/lukbar)

Carlos Diaz Ruiz, Asisten Professor dari HankenSchool of Economics, meneliti ratusan video konspirasi Bumi datar di Youtube. Ia mencoba menganalisis modus penyebaran teori itu berkembang dan mengapa banyak orang memercayainya.

Menurut dia, ada tiga tema yang menjadi perdebatan mereka yang percaya Bumi datar. Mengutip Space, debat pertama adalah soal eksistensi Tuhan.

Para pemercaya teori Bumi datar yakin Tuhan tinggal di surga yang berada di atas manusia. Hal itu hanya memungkinkan jika Bumi datar dan bukan bulat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tema kedua adalah teori konspirasi yang menyebut beberapa orang melawan para penguasa korup dan selebritas. Pengetahuan adalah kekuatan dan teori ini meyakini, mereka yang memegang kekuasaan berkonspirasi untuk menjaga pengetahuan itu hanya untuk mereka sendiri dan mendistorsi realitas," kata Diaz.

"Benar bahwa secara kasat mata Bumi terlihat datar dan para pemercaya teori ini meyakini diri mereka sebagai bagian dari komunitas pahlawan yang melawan tirani elite," ujarnya menambahkan.

ADVERTISEMENT

Sementara, tema ketiga adalah soal kebebasan berpikir, yang berasal dari debat soal ada atau tidaknya Tuhan dalam teks konstitusi Amerika Serikat (AS). Para kaum sekuler berpendapat, orang rasional seharusnya tidak percaya kepada otoritas atau dogma melainkan keyakinan dan pengalaman mereka sendiri.

Untuk melawan kelompok pendukung teori konspirasi, Diaz tidak menyarankan argumentasi dari ilmuwan pemerintah atau otoritas. "Sebaliknya, mungkin akan lebih mengena untuk menyertakan pengalaman sendiri yang bisa dialami juga oleh semua orang," katanya.

"Jika Anda bisa mengidentifikasi rasionalitas di balik keyakinan spesifik mereka, maka argumen pembalik bisa menggunakan logika yang sama. Anggota kelompok seringnya menjadi kunci dari hal itu, seorang juru bicara dengan kredensial luar biasa sebagai penganut Kristiani yang taat bisa mengatakan bahwa Anda tidak butuh seorang pemercaya Bumi Datar untuk tetap berada di keyakinan Anda," tandasnya.

(can/lth)


[Gambas:Video CNN]

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat