yoldash.net

GAC Aion Niat Luncurkan 3 Mobil Listrik Tiap Tahun di Indonesia

Setidaknya tiga mobil listrik Aion akan meluncur di Indonesia tiap tahun.
Setidaknya tiga mobil listrik Aion akan meluncur di Indonesia tiap tahun. (Indomobil Energi Baru)

Jakarta, Indonesia --

Jenama mobil listrik asal China, GAC Aion, berjanji bakal membanjiri industri otomotif dalam negeri dengan meluncurkan tiga model mobil listrik setiap tahun mulai dari sekarang.

Chief Operating Officer (COO) AION Indonesia Louis Liu mengatakan peluncuran tiga model itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sejalan dengan dunia, kami akan terus memperkenalkan model andalan global. Kami akan meluncurkan setidaknya tiga produk ke pasar setiap tahun untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen lokal," ujar dia di Jakarta, Rabu (19/6).

Merek ini hadir di Indonesia di bawah naungan PT Indomobil Energi Baru sebagai agen pemegang merek (APM). Perusahaan juga sudah mengenalkan satu model listrik, yaitu Aion Y Plus.

CEO AION Indonesia Andry Ciu irit bicara apakah ketiga model yang akan diluncurkan tiap tahun itu hanya untuk pasar Indonesia atau serupa dengan global.

"Tentu di Indonesia," ucap dia di Jakarta, Rabu (19/6).

Kendati demikian Andry mengungkapkan Aion akan memproduksi mobil-mobilnya secata lokal di Indonesia pada pabrik yang akan didirikan di Cikampek, Jawa Barat.

"Pabrik (GAC AION) tersebut sedang dalam proses pembangunan, target rampung kuartal empat tahun ini dan langsung mulai produksi (lokal)," Andry menegaskan.

Sedangkan Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama perusahaan induk Aion Indonesia, Indomobil Sukses Internasional, mengatakan perakitan lokal akan membuat harga mobil termasuk battery electric vehicle (BEV) menjadi lebih kompetitif lantaran tidak terkena bea masuk untuk impor secara utuh atau completely built up (CBU).

Aion Y Plus yang akan dipasarkan di Indonesia saat ini statusnya berupa mobil listrik impor CBU dari China.

"[Impor CBU] kami hanya pendek. Kira-kira beberapa bulan ke depan," kata Jusak di Jakarta, Rabu (19/6).

Sedangkan fasilitas perakitan, kata Jusak, diperkirakan mulai beroperasi pada kuartal IV.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat