yoldash.net

Perluas Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Gandeng Swasta Bangun SPKLU

PLN UID Jakarta Raya menyebut, bisnis SPKLU adalah bisnis yang menjanjikan dengan pengguna kendaraan listrik yang terus bertambah.
PLN bersama PT Listrik Anugerah Divina dan PT Exelly Elektrik Indonesia (Voltron) berencana menghadirkan 5 unit SPKLU di Jakarta. (Foto: Arsip PLN)

Jakarta, Indonesia --

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menyatakan siap memperluas ekosistem kendaraan listrik melalui kerja sama dengan pihak swasta maupun investor dalam pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran menyebut, bisnis SPKLU merupakan bisnis yang menjanjikan. Yang terbaru, PLN bersama PT Listrik Anugerah Divina dan PT Exelly Elektrik Indonesia (Voltron) berencana menghadirkan 5 unit SPKLU.

Direncanakan, empat unit dibangun di Kantor PLN Pusat Blok M, dan 1 unit di Pantai Indak Kapuk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita bisa lihat, bahwa saat ini pengguna mobil listrik, khususnya di Jakarta semakin bertambah. Dengan semakin banyak kendaraan listrik, tentu SPKLU juga akan kita tambah terus," ujar Lasiran.

Kerja sama dilakukan dengan skema PLN sebagai penyedia pasokan listrik serta platform teknologi informasi dan komunikasi di SPKLU, sedangkan pihak swasta menyediakan peralatan SPKLU serta pengoperasian dan pengelolaan SPKLU.

ADVERTISEMENT

Saat ini, terdapat 126 SPKLU di berbagai lokasi strategis di Jakarta, seperti tempat parkir umum, mall, terminal, stasiun, kantor-kantor pemerintahan, hingga rest area.

Data PLN UID Jakarta Raya mencatat, penggunaan SPKLU di Jakarta pada Mei 2024 meningkat sebanyak 147 persen dibandingkan Mei 2023.

"Lokasi SPKLU berada di tempat-tempat strategis, dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan melakukan pengisian daya kendaraan listrik mereka," kata Lasiran.

Adapun pengguna kendaraan listrik dapat mengetahui lokasi SPKLU terdekat melalui menu Electric Vehicle, serta melakukan pengisian daya kendaraan lewat menu Perubahan Daya pada aplikasi PLN Mobile.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat