yoldash.net

Ragam Jenis GPS yang Bisa Deteksi Mobil Hilang

Produk GPS yan dijual di pasaran saat ini mulai dari Rp300 ribuan hingga Rp2 jutaan tergantung produk dan fitur yang ditawarkan.
Alat global positioning system (GPS) banyak dijual di pasaran. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, Indonesia --

Komponen global positioning system alias GPS menjadi perangkat pendukung untuk mendeteksi lokasi mobil saat sedang tidak bersama pemiliknya.

Alat ini bisa mendeteksi lokasi kendaraan di mana pun secara langsung, sehingga membantu pemilik memantau lokasi kendaraan, terlebih saat sedang disewa atau dipinjam seseorang.

GPS biasanya kerap digunakan perusahaan rental kendaraan untuk meminimalisir kehilangan kendaraan, seperti yang dilakukan oleh bos rental mobil di Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang tewas akibat diteriaki maling saat hendak mengambil mobilnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika kendaraan terpantau hilang, pemilik bisa melacak keberadaan lewat alat ini bahkan bisa mengatur posisi mobil menjadi mati sehingga tak bisa dioperasikan.

Masing-masing GPS memiliki harga yang berbeda-beda. Hal inilah yang menjadi dasar penentu perbedaan harga di pasaran.

ADVERTISEMENT

Produk pelacak GPS ini dijual mulai dari Rp300 ribuan hingga Rp2 jutaan tergantung produk dan fitur yang ditawarkan.

Perangkat ini nantinya disematkan di lokasi rahasia di dalam mobil, sehingga maling kesulitan mencabutnya apabila hendak mengambil mobil Anda.

Di GPS juga tersedia kartu SIM yang fungsinya agar bisa terhubung dengan pemilik lewat gawai. Artinya, setiap GPS harus dibekali dengan paket data agar bisa beroperasi.

Berikut ini beragam jenis GPS yang bisa disematkan dalam mobil untuk mendeteksi lokasi:

GPS Tracker Portable A10

Tracker Portable A10 dilengkapi baterai kapasitas yang besar hingga 5.000 mAh.

Perangkat ini bisa memberikan informasi letak kendaraan lewat fitur aplikasi maupun SMS. Server nantinya akan mengirimkan kembali pesan yang sudah dilengkapi dengan link yang akan menghubungkan ke Google Maps.

Jenis GPS ini bisa digunakan untuk menyadap percakapan yang ada di dalam kendaraan.

Superspring

Selain itu ada model GPS bernama Superspring. Perangkat ini cukup populer di Indonesia karena kerap dipakai untuk motor dan mobil.

Perangkat ini bisa melihat hasil rekaman lokasi 90 hari ke belakang dan bisa menandai lokasi yang tidak boleh dilewati atau dimasuki kendaraan yang terpasang GPS ini.

Kemudian lewat GPS ini bisa mendapatkan notifikasi via email atau telegram apabila kendaraan melewati titik yang sudah ditentukan.

Fox Logger

Fox Logger menjadi GPS yang kerap diandalkan oleh para pengguna otomotif. Pasalnya, merek ini terbilang jadi salah satu GPS yang akurat.

Fox Logger memungkinkan penggunanya untuk melihat data rekaman hingga 100 hari ke belakang.

Data yang direkam pada GPS ini mencakup informasi parkir, durasi kendaraan yang diparkir pada suatu daerah.

Alat pendeteksi ini juga bisa merekam hingga 2 jam ke depan setelah mesin kendaraan dimatikan.

[Gambas:Video CNN]



(can/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat