yoldash.net

Apakah Asuransi Bisa Ganti Mobil Rental Digelapkan?

Harga mobil yang disewakan tidaklah murah. Karena itu pemilik harus memiliki perlindungan atas berbagai kerusakan hingga kehilangan.
Penggelapan mobil rental bukanlah hal yang baru bagi pengusaha rental mobil. Kasus seperti ini sudah sering terjadi. (Antara/Zabur Karuru)

Jakarta, Indonesia --

Pemilik bisnis rental mobil wajib mengasuransikan kendaraannya untuk kenyamanan bertransportasi. Kebutuhan ini karena permintaan mobil rental kian meningkat tiap tahunnya.

Untuk diketahui, harga mobil yang disewakan tidaklah murah. Karena itu pemilik harus memiliki perlindungan atas berbagai kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, kebanjiran hingga kehilangan atau penggelapan seperti yang terjadi baru-baru ini.

Bila insiden ini menimpa pengusaha sewa mobil, pebisnis dapat meningkat kerugian yang bisa saja terjadi. Seperti diketahui, kabar terbaru yang menimpa pebisnis rental mobil asal Jakarta berinisial BH yang tewas dikeroyok warga di Pati, Jawa Tengah. Padahal korban hendak mengambil mobil miliknya yang disewa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penggelapan mobil rental bukanlah hal yang baru bagi pengusaha rental mobil. Kasus seperti ini sudah sering terjadi. Mengingat kejadian tersebut, muncul pertanyaan apakah kehilangan mobil rental dapat ditanggung oleh asuransi.

Dikutip dari laman Lifepal, asuransi kendaraan memiliki dua tipe yakni, asuransi mobil pribadi dan asuransi mobil komersial.

ADVERTISEMENT

Keduanya memiliki klausul yang berbeda, jadi penting untuk menimang dan memahami perbedaannya sebelum membeli asuransi. Untuk melindungi mobil yang disewakan, sebaiknya pilih asuransi mobil komersial.

Asuransi jenis ini mencakup mobil yang digunakan untuk tujuan bisnis, termasuk rental. Asuransi mobil komersial memberikan jaminan ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan atau kehilangan karena kejadian yang ditanggung dalam polis asuransi.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua perusahaan asuransi menawarkan produk ini. Beberapa perusahaan hanya menyediakan polis asuransi kendaraan tanpa pilihan tambahan untuk mobil rental atau produk khusus lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan dengan jelas kepada agen atau broker asuransi, apakah produk yang mereka tawarkan mencakup penggunaan kendaraan untuk kegiatan bisnis.

Jelaskan sejak awal bahwa mobil yang ingin Anda asuransikan akan digunakan untuk keperluan rental, agar tidak bermasalah saat pengajuan klaim.

Kejadian penggelapan mobil rental memang tidak bisa ditebak. Umumnya penyewa berlaku seperti konsumen lainnya, namun tiba-tiba hilang dan tidak bisa dihubungi. Sebagai solusi praktis adalah asuransi tetap bisa diandalkan.

[Gambas:Video CNN]



(afr/mik)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat