yoldash.net

Kenapa Mobil Diinjak Pedal Gas Tidak Mau Jalan?

Terdapat 6 penyebab mobil tidak mau jalan meski sudah digas.
Penyebab mobil diinjak pedal tidak mau jalan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Daftar Isi
  • Penyebab mobil digas tidak mau jalan
    • 1. Posisi gear tidak tepat
    • 2. Kopling mobil aus
    • 3. Kopling mobil selip
    • 4. Kerusakan pada sensor
    • 5. Kebocoran pada oli transmisi
    • 6. Sistem pembakaran mengalami masalah
Indonesia --

Kondisi mobil yang tidak mau jalan meski sudah digas tentu bukan merupakan sebuah hal yang wajar. Karena normalnya, mobil akan bergerak pada saat pengemudi menginjak pedal gas. Pada saat kondisi ini terjadi pada mobil Anda, maka hampir bisa dipastikan terjadi permasalahan pada kendaraan tersebut.

Pada umumnya, pada saat mobil digas tidak mau jalan ini terjadi karena terdapat permasalahan pada sistem transmisi kendaraan itu sendiri, terlepas mobil tersebut menggunakan transmisi manual maupun otomatis. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan juga telah terjadi masalah pada komponen mobil lainnya.

Pemilik kendaraan tentu tidak bisa mengabaikan kondisi mobil yang tidak bisa jalan meski pedal gas sudah diinjak ini. Pasalnya, hal ini bisa menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan karena mobil tiba-tiba kehilangan kecepatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika kendaraan yang berada di belakangnya tidak menjaga jarak, maka resiko ditabrak dari belakang sangat besar.

ADVERTISEMENT

Penyebab mobil digas tidak mau jalan

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat setidaknya 6 penyebab yang patut dicurigai jika mobil digas tidak mau jalan. Namun jika dicermati, kondisi ini pada umumnya terjadi karena faktor human error, salah satunya adalah kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil itu sendiri, khususnya pada bagian transmisi.

1. Posisi gear tidak tepat

Faktanya, penyebab mobil digas tidak mau jalan tidak selalu berkaitan dengan kerusakan pada salah satu komponen. Posisi gear atau gigi yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kondisi ini terjadi. Agar mobil bisa berjalan, maka tuas transmisi harus digeser ke gear atau gigi 1 pada mobil manual dan posisi D pada mobil matic. Jika posisi gear masih di netral, maka secara otomatis mobil tidak akan bisa jalan.

2. Kopling mobil aus

Pada sistem transmisi kendaraan terdapat sebuah komponen yang bernama clutch disk yang memiliki peran vital, yakni untuk menyalurkan daya yang dihasilkan oleh mesin menuju sistem transmisi mobil. Jika clutch disk ini mengalami keausan, maka tenaga yang dihasilkan mesin tidak bisa disalurkan ke sistem transmisi kendaraan. Akibatnya, mobil tidak bisa jalan meski sudah di gas dalam-dalam.

3. Kopling mobil selip

Masih berkaitan dengan sistem transmisi, kondisi kopling mobil selip ternyata juga bisa menyebabkan mobil tidak mau jalan meski telah digas. Kopling mobil selip adalah sebuah kondisi dimana kampas kopling tidak bisa memutar transmisi, sehingga menyebabkan perpindahan gear sulit dilakukan.

4. Kerusakan pada sensor

Penyebab mobil digas tidak mau jalan berikutnya adalah terjadinya kerusakan pada sensor kendaraan. Seperti yang diketahui bersama, pabrikan mobil dewasa ini cukup banyak membenamkan sensor pada produksi mereka. Sensor ini akan memberikan sinyal kepada pengendara jika terjadi malfunction.

Pada saat sensor bermasalah, maka informasi yang didapat tidak bisa disalurkan ke pusat pengendali, Electronic Control Unit (ECU). Jika sensor ini berkaitan dengan sistem transmisi, maka tidak menutup kemungkinan mobil menjadi tidak bisa jalan.

Lihat Juga :

5. Kebocoran pada oli transmisi

Kebocoran oli transmisi ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, sebut saja oli yang jarang diganti, atau benturan yang menyebabkan bak oli mengalami keretakan. Jika oli transmisi ini berkurang volumenya, maka akan membuat perpindahan gigi menjadi bermasalah.

6. Sistem pembakaran mengalami masalah

Penyebab mobil digas tidak mau jalan yang terakhir adalah terjadinya masalah pada sistem pembakaran, seperti filter udara yang buruk, busi mati, atau kerusakan pada salah satu komponen mobil. Pada saat sistem pembakaran bermasalah, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak cukup untuk menjalankan mobil.

Jika permasalahan mobil digas tidak mau jalan ini karena kerusakan pada sistem transmisi, maka pemilik kendaraan bisa meminimalisirnya dengan melakukan perawatan secara berkala. Gantilah oli transmisi sesuai dengan rekomendasi pabrikan setiap kendaraan menempuh jarak 40.000 km atau kurang jika traffic yang dilalui sering padat.

Bagi pemilik mobil dengan transmisi manual selain oli transmisi, oli gardan juga wajib diganti secara berkala. Pastikan juga melakukan pergantian pada komponen transmisi yang telah aus agar penyaluran tenaga gerak dari mesin mobil ke roda bisa berjalan dengan maksimal.

[Gambas:Video CNN]



(ahd/mik)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat