yoldash.net

Alasan Inggris Lolos 16 Besar Euro 2024 Sebelum Tanding Lawan Slovenia

Kendati nanti Inggris kalah dari Slovenia di laga terakhir Grup C, mereka tetap lolos ke babak 16 besar Euro 2024 karena jadi 4 tim peringkat ketiga terbaik.
Kapten Timnas Inggris Harry Kane dan pelatih Gareth Southgate di Euro 2024. (REUTERS/Lee Smith)

Jakarta, Indonesia --

Meski belum memainkan pertandingan terakhir Grup C melawan Slovenia, Timnas Inggris dipastikan lolos ke babak 17 besar Euro 2024. Partai Inggris lawan Slovenia baru akan berlangsung Rabu (26/6) dini hari WIB di Cologne Stadium, Jerman.

The Three Lions telah memastikan tiket lolos dari fase grup setelah Spanyol mengalahkan Albania 1-0 dan Kroasia diimbangi Italia di laga terakhir Grup B. Hasil itu menjamin tempat Inggris di babak 16 besar dengan satu laga tersisa.

Timnas Inggris kini memimpin Grup C Euro 2024 dengan koleksi empat poin dari dua pertandingan. Kendati nanti Inggris kalah dari Slovenia, mereka tidak akan berada di posisi juru kunci Grup C.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam skenario terburuk, apabila kalah dari Slovenia dan Denmark mengalahkan Serbia, Inggris masih akan berada di antara empat tim peringkat ketiga teratas di fase grup Euro 2024, setelah mengumpulkan 4 poin.

Jumlah poin tersebut lebih banyak dibandingkan yang berhasil dicapai tim peringkat ketiga di Grup A (Hungaria) dan Grup B (Kroasia), yang kini telah menyelesaikan laga penyisihan grup Euro 2024.

Hungaria sendiri mengumpulkan 3 poin, sedangkan Kroasia mengoleksi 2 poin. Perlu diketahui, hanya 4 tim peringkat ketiga terbaik yang berhak mendapat tiket 16 besar Euro 2024.

Di babak 16 besar, Inggris bisa berjumpa dengan Jerman apabila pasukan Gareth Southgate finis sebagai runner up Grup C. Namun, apabila lolos sebagai juara Grup C, Inggris akan berhadapan dengan salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Jika Inggris melaju ke 16 besar Euro 2024 sebagai peringkat ketiga terbaik, Portugal atau tim yang jadi juara Grup E siap menjegal Harry Kane dan kawan-kawan.

[Gambas:Video CNN]

(wiw/nva)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat