yoldash.net

Saatnya Timnas Indonesia Meledak di GBK

Timnas Indonesia dibangun Shin Tae Yong untuk menjadi tim yang eksplosif. Akankah skuad Garuda tampil meledak saat menjamu Filipina?
Nathan Tjoe-A-On (kiri) jadi andalan Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Timnas Indonesia dibangun Shin Tae Yong untuk menjadi tim yang eksplosif. Akankah skuad Garuda meledak saat menjamu Filipina?

Duel Indonesia versus Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (11/6) malam.

Laga ini akan menentukan apakah Indonesia bisa melaju ke fase ketiga kualifikasi dan lolos langsung ke Piala Asia 2027 atau tidak. Indonesia dituntut menang di laga ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melawan Filipina, yang notabene bukan 'the big four ASEAN' tim asuhan Shin Tae Yong ini sepantasnya main menyerang dan menekan. Main bertahan, apalagi negatif, kiranya bukan pilihan.

ADVERTISEMENT

Namun, saat ini Timnas Indonesia identik dengan formasi tiga bek sejajar. Formasi ini distigma sebagai strategi menumpuk pemain bertahan dan cuma mengandalkan serangan balik.

Shin mulai paten menggunakan formasi tiga bek sejajar di Timnas Indonesia saat tampil di Piala AFF 2020 (2021). Tepatnya saat melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 0-0.

Setelah itu, formasi tiga bek ini semakin sering digunakan. Bahkan bisa dibilang ini jadi formasi utama tim Merah Putih. Sudah jarang Shin memakai skema empat bek sejajar lagi.

Dan, awalnya dikonsep sebagai sistem pertahanan yang solid, formasi 3-4-3 atau 3-5-2 mulai memperlihatkan dampak ledaknya. Dengan formasi ini Indonesia mulai tampil agresif.


Dalam 11 laga selama 2024 misalnya, Timnas Indonesia nyaris tak pernah main negatif; bertahan. Menyerang dan menekan, meski lawan lebih kuat, tetap dipraktikkan.

Teranyar, Irak dibuat kelabakan pada 45 menit babak pertama, Kamis (6/6). Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan main eksplosif, meski penyelesaian akhirnya belum klinis.

Melawan Irak, Timnas Indonesia wajar tidak meledak di GBK. Kualitas bertahan lawan solid bak karang. Tetapi, melawan Filipina tidak bisa tidak, sepantasnya; seharusnya meledak-ledak.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Pembuktian Kualitas Calvin Verdonk

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat