yoldash.net

Wasit Kontroversial Rustam Lutfullin Pimpin Indonesia vs Filipina

Wasit asal Uzbekistan Rustam Lutfullin akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Rustam Lutfullin (kanan) menjadi wasit Indonesia vs Filipina. (Dok PFL)

Jakarta, Indonesia --

Wasit asal Uzbekistan Rustam Lutfullin akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan melawan Filipina di laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina pada laga pemungkas Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar di Stadion GBK pada Selasa (11/6) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laga Indonesia vs Filipina ini akan dipimpin wasit asal Uzbekistan Rustam Lutfullin. Dalam kariernya sebagai wasit, nama Rustam Lutfullin sempat viral usai diserang pemain Korea Utara di Asian Games 2022 di Huangzou China.

Saat itu Rustam Lutfullin kerap mendapatkan protes dari pemain Korea Utara saat menghadapi Jepang di babak perempatfinal Asian Games 2022.

Puncaknya usai Korea Utara kalah 1-2 dari Jepang, wasit Uzbekistan itu langsung diserang para pemain Korea Utara yang tidak puas dengan kepemimpinan Rustam Lutfullin.

Para pemain Korea Utara itu marah ketika Rustam Lutfullin memberikan penalti kepada Jepang setelah kiper mereka Kang Juh Yok dinilai melanggar Jun Nishikawa. Kang Juh Yok langsung melayangkan protes kepada wasit dengan mengungkapkan bahwa dia sama sekali tidak menyentuh Nishikawa.

Namun keputusan Rustam Lutfullin tidak berubah yakni memberikan penalti untuk Jepang. Gol penalti Yuta Matsumura pada menit ke-80 itu menjadi penentu kemenangan Jepang atas Korea Utara.


Kini Rustam Lutfullin akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina. Rustam Lutfullin diharapkan bisa memimpin pertandingan ini dengan baik dan adil.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong juga berbicara soal wasit jelang pertandingan penentuan ini.

"Ketika kemarin kita tidak bisa lolos ke Olimpiade, saya tidak berpikir kemampuan kami kurang. Namun, ada permasalahan di wasit," ujar Shin Tae Yong dalam konferensi pers jelang lawan Filipina, Senin (10/6).

"Sampai sekarang, pikiran saya tetap sama," ucap Shin Tae Yong menambahkan.

[Gambas:Video CNN]



(rhr/rhr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat