yoldash.net

Rustam Lutfullin, Wasit Kontroversi Tugas di Indonesia vs Filipina

Berikut profil Rustam Lutfullin, wasit kontroversi yang akan pimpin laga Indonesia vs Filipina dikenal mudah keluarkan kartu.
Wasit Rustam Lutfullin tercatat wasit yang mudah keluarkan kartu. (Dok UZFHM)

Jakarta, Indonesia --

Wasit asal Uzbekistan Rustam Lutfullin akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Berikut profil wasit Rustam Lutfullin yang pernah buat keputusan kontroversial di Asian Games 2022.

Timnas Indonesia akan melawan Filipina di laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina pada laga pemungkas Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar di Stadion GBK pada Selasa (11/6) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laga Indonesia vs Filipina ini akan dipimpin wasit asal Uzbekistan Rustam Lutfullin. Berikut profil Rustam Lutfullin.

Rustam Lutfullin merupakan wasit asal Uzbekistan berusia 33 tahun. Wasit berlisensi FIFA itu lahir pada 5 April 1991 di Bukhara.

Dalam kariernya sebagai wasit, nama Rustam Lutfullin pernah viral gara-gara keputusan yang kontroversial di Asian Games 2022 di Huangzou China.

Saat itu Rustam Lutfullin mendapat banyak protes dari pemain Korea Utara ketika menghadapi Jepang di babak perempat final Asian Games 2022.

Puncaknya, usai Korea Utara kalah 1-2 dari Jepang, wasit Uzbekistan itu langsung 'diserang' para pemain Korea Utara yang tidak puas dengan kepemimpinan Rustam Lutfullin.

Para pemain Korea Utara itu marah ketika Rustam Lutfullin memberikan penalti kepada Jepang setelah kiper mereka Kang Juh Yok dinilai melanggar Jun Nishikawa. Gol penalti Yuta Matsumura pada menit ke-80 itu menjadi penentu kemenangan Jepang atas Korea Utara.

Kini Rustam Lutfullin akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina. Rustam Lutfullin diharapkan bisa memimpin pertandingan ini dengan baik dan adil.


Pada musim 2023/2024, Rustam Lutfullin tercatat sudah dua kali memimpin pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Rustam Lutfullin memimpin pertandingan Filipina vs Vietnam pada 16 November 2023 dan Pakistan vs Yordania pada 21 Maret 2024.

Menariknya dua pertandingan yang dipimpin Rustam Lutfullin itu berakhir dengan kemenangan meyakinkan dari tim tamu. Saat itu Vietnam mengalahkan tuan rumah Filipina 2-0, kemudian Yordania menang atas Pakistan 3-0.

Dalam pertandingan Filipina vs Vietnam itu Rustam Lutfullin mengeluarkan lima kartu kuning. Sedangkan saat Pakistan vs Yordania dia mengeluarkan empat kartu kuning.

Di sisi lain, Rustam Lutfullin baru saja meraih prestasi sebagai wasit terbaik Liga Super Uzbekistan edisi Maret 2024.

[Gambas:Video CNN]



(rhr/rhr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat