yoldash.net

Daftar Pemimpin di Dunia yang Meninggal secara Tragis - Halaman 2

Berikut daftar pemimpin dunia yang meninggal secara tragis.
Presiden ke-35 AS John F Kennedy. (AP/John Rous)

Mahatma Gandhi

Mohandas Karamchand Gandhi merupakan seorang pemimpin dari gerakan nasionalis India. Ia dihormati oleh komunitas internasional karena berani menentang kekuasaan kolonial Inggris.

Menurut laporan History Today, kematian Gandhi terjadi sangat cepat dan tragis. Sebab, Gandhi dibunuh oleh seorang pria anti-Gandhi bernama Nathuram Godse menggunakan pistol otomatis.

Gandhi yang saat itu sedang berpuasa bertemu dengan Nathuram Godse dari sebuah kerumunan. Usai membungkuk, Godse melepas tiga kali tembakan ke arah perut dan dada Gandhi dalam jarak dekat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kerumunan yang melihat kejadian tersebut langsung panik dan buru-buru menangkap sang penembak.

Gandhi tak sempat dilarikan ke rumah sakit yang kemudian meninggal dalam waktu setengah jam saja.

ADVERTISEMENT

Benito Mussolini

Benito Mussolini menjadi sosok pemimpin fasis Italia yang berperan besar dalam peristiwa Perang Dunia 2.

Usai PD 2 berakhir, Italia mengalami kemerosotan drastis dari sisi ekonomi dan sosial. Akibatnya, ia digulingkan oleh sekelompok pemuda yang kemudian dipenjarakan di Hotel Campo Imperatore, seperti dilansir dari Live Science.

Pada April 1945, Mussolini dan perempuan yang diduga sebagai selingkuhannya Clara Petacci mencoba melarikan diri dari Italia ke Spanyol. Namun, rencana tersebut digagalkan oleh sekelompok simpatisan komunis.

Para simpatisan komunis tersebut lalu menyandera dan menembak Mussolini dan Petacci. Mayat kedua orang tersebut kemudian dibawa ke Piazzale Loreto, Milan dan digantung terbalik bersama dengan 15 orang lainnya.

John F Kennedy

John F Kennedy merupakan seorang presiden ke-35 AS yang memimpin di masa-masa kritis hubungan luar negeri. Seperti krisis nuklir di Kuba hingga masalah yang terdapat di Berlin, Jerman Barat.

Namun, jerih payah Kennedy membuahkan hasil Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir dan Aliansi untuk Kemajuan. Ini membawa angin segar bagi sektor kebijakan luar negeri AS.

Presiden yang hanya menjabat dua tahun itu harus menanggung beban dan kematian yang tak diduga oleh sejumlah pihak. Dia ditembak dari sebuah jendela di lantai enam gedung penyimpanan saat mengendarai iring-iringan mobil di kota Dallas, AS.

Kennedy dibunuh oleh seorang simpatisan Komunis Lee Harvey Oswald. kematian Kennedy membuat sejumlah kepala negara dunia turut menyampaikan belasungkawa terhadap presiden muda AS tersebut.

(val/bac)


[Gambas:Video CNN]

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat