yoldash.net

Mundur, Lee Kini Jadi Anak Buah PM Singapura Lawrence Wong di Kabinet

Lee Hsien Loong resmi dilantik menjadi menteri senior Singapura di kabinet Lawrence Wong usai mundur dari kursi perdana menteri, Rabu (15/5) malam.
Lee Hsien Loong tetap di kabinet Singapura. (AP/J. Scott Applewhite)

Jakarta, Indonesia --

Lee Hsien Loong resmi dilantik menjadi menteri senior Singapura di kabinet Lawrence Wong usai mundur dari kursi perdana menteri, Rabu (15/5) malam waktu setempat.

Pelantikan itu berlangsung di Istana Singapura dan dihadiri Presiden Tharman Shanmugaratnam beserta jajaran kabinet baru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lee Hsien Loong menjadi menteri senior dalam Kantor Perdana Menteri Singapura.

Selain Lee, menteri senior Singapura di PMO yakni Teo Chee Hean.

ADVERTISEMENT

Lee dan Teo dilantik bersama dengan Wakil Perdana Menteri Gan Kim Yong dan Heng Swee Keat.

"Saya, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan selalu dengan setia menjalankan tugas saya sebagai Menteri sesuai dengan hukum, dan sesuai pengetahuan dan kemampuan saya, tanpa rasa takut, tanpa niat buruk, dan penuh kasih," kata Lee dan ketiga pejabat lain saat disumpah.

Lee menjadi PM Singapura sejak 2004. Saat rapat kabinet terakhir sebelum mundur, dia mengaku bangga pernah memimpin negara kota tersebut.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk memimpin tim Kabinet saya selama 20 tahun terakhir," kata Lee pada 9 Mei, dikutip The Star.

Dalam kabinet, kata Lee, perdana menteri adalah primus inter pares - bukan atasan bagi bawahan, tetapi yang pertama di antara yang sederajat

"Semuanya berunding bersama untuk menemukan solusi terbaik bagi Singapura," ungkap dia.

Lee lahir di Singapura pada 1952 saat masa pemerintahan kolonial Inggris. Dia merupakan anak pertama dari Perdana Menteri Singapura pertama Lee Kuan Yew.

(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat