yoldash.net

Sejarah Lahirnya Godzilla yang Terinspirasi dari Kengerian Bom Atom

Seperti apa sejarah kelahiran Godzilla hingga namanya dikenal oleh seluruh dunia lewat berbagai macam film?
Seperti apa sejarah kelahiran Godzilla hingga namanya dikenal oleh seluruh dunia lewat berbagai macam film? (Toho Co. Ltd. via IMDb)

Jakarta, Indonesia --

Godzilla Minus One menyita perhatian para penggemar film ketika film tersebut akhirnya bisa ditonton lewat layanan streaming. Film Jepang ini tayang di Jepang pada akhir 2023 tepat dengan perayaan 70 tahun waralaba Godzilla.

Ini merupakan salah satu waralaba yang memiliki usia yang panjang. Hal ini membuat Godzilla, sang kaiju dari Jepang, dikenal di seluruh penjuru dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, seperti apa sejarah kelahiran Godzilla hingga namanya dikenal oleh seluruh dunia sebagai King of the Monsters?

Godzilla merupakan monster fiksi yang sebenarnya dalam bahasa Jepang memiliki nama asli Gojira. Sedangkan, nama Godzilla ini sendiri khusus dipakai untuk pengucapan dalam bahasa asing.

[Gambas:Video CNN]

Monster ini memiliki ciri fisik yang tampak mirip dengan dinosaurus. Namun, Godzilla juga diciptakan sebagai makhluk amfibi. Selain itu, Godzilla memiliki ciri unik berupa sirip dari punggung hingga ekornya.

Tomoyuki Tanaka, Eiji Tsuburaya, dan Ishiro Honda merupakan tiga orang di balik terciptanya Godzilla. Adapun yang mendesain karakter ini adalah Akira Watanabe dan Teizo Toshimitsu.

Film Godzilla (1954)Godzilla menyerang Tokyo, Jepang, dalam salah satu adegan di film pertama yang tayang tahun 1954. (Toho Co. Ltd. via IMDb)

Godzilla pertama kali diperkenalkan ke publik ketika menjadi film layar lebar yang tayang pada 1954 di era Showa, tepat 70 tahun yang lalu.

Film hitam putih ini mendapuk Ishiro Honda sebagai sutradara. Tidak hanya itu, Honda juga menulis skenario film Godzilla bersama Takeo Murata.

Eiji Tsuburaya bertugas untuk menangani special effects film Godzilla, sementara Tomoyuki Tanaka duduk di kursi produser.

Mengingat film pertama Godzilla dibuat jauh sebelum teknologi secanggih saat ini, para pembuat filmnya membuat aktor berperan di balik kostum latex untuk memerankan karakter Godzilla.

Saat itu ada dua aktor Jepang yang dipercaya untuk menghidupkan Godzilla. Mereka adalah Haruo Nakajima dan Katsumi Tezuka.

Film pertama Godzilla bercerita tentang monster prasejarah yang terbangun dari tidurnya setelah berabad-abad lamanya. Bangunnya sang monster ini dipicu oleh uji coba bom hidrogen yang dilakukan di bawah laut hingga mendapatkan kekuatan napas api setelah terpapar radiasi nuklir.

Monster yang kemudian dipanggil Gojira itu kemudian mulai mengancam nyawa manusia, baik yang berada di darat maupun yang sedang berlayar di laut.

Suatu hari, Godzilla menyerang Tokyo dan meluluhlantakkan ibu kota Jepang itu menggunakan napas apinya. Namun, umat manusia tidak tinggal diam. Menggunakan kekuatan militer, mereka berusaha untuk memusnahkan sang monster dari muka bumi.

[Gambas:Youtube]



Lanjut ke sebelah...

Sejarah Godzilla hingga

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat