yoldash.net

Konser Gratis Madonna di Brasil Dinilai Dongkrak Ekonomi Lokal

Konser Madonna yang digelar secara gratis di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, dinilai mendongkrak perekonomian lokal Brasil.
Konser Madonna yang digelar secara gratis di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, diprediksi mendongkrak perekonomian lokal Brasil. (REUTERS/Pilar Olivares)

Jakarta, Indonesia --

Konser Madonna yang bertajuk The Celebration Tour dinilai mendongkrak perekonomian lokal hingga 293 juta real atau sekitar Rp92 miliar usai pagelaran konser secara gratis di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil, pada Sabtu (4/5) lalu.

Hal tersebut diprediksi oleh Balai kota Rio de Janeiro dalam laporan yang dirilis pada bulan April, seperti diberitakan AP, Minggu (5/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam laporan tersebut, prediksi itu merujuk pada situasi ketika penggemar dari Brasil, Argentina, hingga Prancis yang akan mencari penginapan di Rio de Janeiro demi menyaksikan tur konser Madonna.

Menurut asosiasi hotel di Rio de Janeiro, kapasitas hotel diperkirakan akan mencapai 98 persen di Copacabana. Selain itu, bandara internasional Rio de Janeiro juga telah memperkirakan adanya 170 penerbangan ekstra selama periode 1-6 Mei dari 27 tujuan.

ADVERTISEMENT



Gelaran konser itu juga dimanfaatkan para pedagang di Rio untuk mencari keuntungan, seperti toko pakaian karnaval yang menjual serba-serbi perlengkapan konser Madonna, hingga kemunculan para pedagang kaki lima di sekitar venue.

Sementara itu, konser Madonna itu diperkirakan dihadiri sebanyak 1,6 juta orang. Jumlah itu lebih dari 10 kali lipat rekor kehadiran konser Madonna yang ditonton 130 ribu orang di Parc des Sceaux Paris, Prancis, pada 1987 silam.

Konser Madonna juga disebut pihak berwenang setempat mirip dengan perayaan malam tahun baru ketika jutaan orang berkumpul di Copacabana untuk menyaksikan pertunjukan kembang api.

Keramaian konser itu juga diakui situs resmi Madonna sebagai pertunjukan terbesar dalam empat dekade kariernya sebagai penyanyi.

Situs resmi Madonna menyebut konser gratis tersebut sebagai pertunjukan terbesar pada penghujung The Celebration Tour. Tur global itu dibuat dalam rangka merayakan empat dekade karier Madonna.

"Pertunjukan ini tidak dipungut biaya sebagai ucapan terima kasih kepada para penggemar yang telah merayakan lebih dari empat dekade musiknya selama tur global yang epik," tulis pengumuman tersebut.

The Celebration Tour dimulai dari London pada Oktober 2023, dan kemudian dilanjutkan ke Kanada, Amerika Serikat, dan Kota Mexico. Tur itu diperkirakan menghasilkan lebih dari US$225 juta atau sekitar Rp3,6 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(van/pra)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat