yoldash.net

8 Manfaat Daun Kelor yang Datangkan Devisa Buat Negara

Daun kelor rupanya mampu mendatangkan devisa buat negara. Simak beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan.
Ilustrasi. Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan. (iStockphoto/Homesh Nasre)

Daftar Isi
  • Manfaat daun kelor
    • 1. Menjaga kadar gula darah
    • 2. Otak tetap sehat
    • 3. Melindungi organ hati
    • 4. Cegah peradangan
    • 5. Melancarkan pencernaan
    • 6. Menguatkan tulang
    • 7. Mengobati asma
    • 8. Meningkatkan kesehatan mata
Jakarta, Indonesia --

Daun kelor rupanya mampu mendatangkan devisa buat negara. Simak beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan.

Sebuah perusahaan yang berdomisili di Blora, Jawa Tengah telah mengekspor 2 ton daun kelor ke Kuala Lumpur, Malaysia awal Mei lalu. Kegiatan ekspor ini menghasilkan devisa sebesar Rp150 juta.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta, Riri Riani berpendapat tanaman kelor dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hal inilah yang mengangkat pasar daun kelor meluas hingga ke mancanegara," kata Riri dikutip dari laman Bea Cukai.

Kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang memiliki ciri berupa daun berukuran kecil. 

ADVERTISEMENT

Manfaat daun kelor

Tumbuhan kelor biasanya dimanfaatkan daunnya. Daun digunakan untuk campuran masakan atau dikeringkan lalu diseduh sebagai minuman kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun kelor.

1. Menjaga kadar gula darah

Daun kelor mengandung asam klorogenik yang terbukti membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, terdapat senyawa isothiocyanate yang mampu memberikan perlindungan alami terhadap diabetes.

2. Otak tetap sehat

Konsumsi daun kelor mendukung kesehatan otak berkat kandungan vitamin E dan C yang tinggi. Kedua nutrisi ini bersifat antioksidan sehingga mampu melawan oksidasi yang memicu degenerasi neuron.

3. Melindungi organ hati

Ilustrasi kanker hati dan saluran empeduIlustrasi. Salah satu manfaat daun kelor adalah melindungi organ hati. (iStock/magicmine)

Kandungan polifenol pada daun kelor mampu melindungi hati dari oksidasi, toksisitas dan kerusakan. Minyak yang terbuat dari daun kelor mampu menormalkan kadar enzim hati, mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kandungan protein pada hati.

4. Cegah peradangan

Daun kelor termasuk tanaman herbal yang mampu mencegah peradangan. Kandungan campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid dan antioksidan mampu bekerja seperti obat peradangan seperti yang beredar di pasaran.

Saat peradangan berkurang, berarti risiko penyakit yang berhubungan dengan peradangan menurun seperti, kanker paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan gangguan mata terkait usia.

5. Melancarkan pencernaan

Ingin pencernaan bebas masalah? Konsumsi saja daun kelor. Manfaat daun kelor mampu menjauhkan Anda dari gangguan pencernaan misal, sembelit, gastritis dan colitis ulcerativa. Hal ini berkat sifat antibiotik dan antibakteri kelor.

6. Menguatkan tulang

Woman suffering from pain in kneeIlustrasi. Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah menguatkan tulang. (iStockphoto/bymuratdeniz)

Tambahkan daun kelor dalam menu diet harian agar tulang tetap kuat. Daun kelor mengandung kalsium dan fosfor. Tulang pun jauh dari risiko nyeri sendi karena punya sifat antiperadangan.

7. Mengobati asma

Daun kelor dapat dijadikan obat asma alami. Daun kelor membantu mengurangi asma kambuh dan melindungi bronkial dari penyempitan. Tumbuhan ini pun dapat membantu fungsi pernapasan secara keseluruhan.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Details of Human Eye Macro View with Natural LightIlustrasi. Salah satu manfaat daun kelor adalah meningkatkan kesehatan mata. (iStockphoto/mady70)

Kadar antioksidan yang tinggi membuat daun kelor bisa diandalkan untuk kesehatan mata. Di samping itu, daun kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler dan menghambat disfungsi retina.

(els/pua)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat