yoldash.net

Viral Tiktoker Loncat Keluar Masuk Saat Kereta Jalan, KAI Buka Suara

Tiktoker itu melakukan aksi berbahaya meloncat ke luar dan kembali ke dalam saat kereta dalam kondisi baru jalan atau berangkat dari Stasiun Yogyakarta Tugu.
Ilustrasi kereta api. (CNN Indonesia/ Hafidz)

Jakarta, Indonesia --

Sebuah video yang diunggah di platform media sosial TikTok pada Jumat (26/4) telah menimbulkan kehebohan di kalangan netizen atau warganet Indonesia, khususnya pencinta kereta api.

Dalam video yang diunggah oleh pengguna dengan akun @donopradana_, TikTokers Indra Prajito @indraprajito terlihat melakukan aksi yang berbahaya. Dia meloncat keluar dari kereta api yang baru saja berangkat dari Stasiun Yogyakarta Tugu, kemudian dengan cepat kembali meloncat masuk ke dalam gerbong kereta.

Aksi nekat ini telah menarik perhatian dan kecaman dari banyak pengguna TikTok, termasuk para pencinta kereta api yang menganggap perilaku tersebut tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga penumpang lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Video yang memperlihatkan aksi berbahaya tersebut telah ditonton lebih dari 800 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 45 ribu suka.

ADVERTISEMENT

Banyak pula komentar di video tersebut yang menandai akun resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan harapan tindakan dapat diambil.

"Ini kalo ketahuan KAI gimana?" tulis sebuah akun TikTok @ka.

"Itulah kenapa train set yg baru skrg pintu nya dibuat otomatis begitu jalan langsung nutup semua," tambah komentar netizen lain dengan akun TikTok @Dhikawama.

"Biasanya nih yahh, bisa di blacklist dari naik KAI jarak jauh yahh," tulis komentar lain @adii vandega.

Melalui postingan akun X Jalur 5 Community, @jalur5_, akun X resmi Kereta Api Indonesia @KAI21, telah menyampaikan peringatan keras terhadap perilaku semacam ini.

@donopradana_ Nganterin kiper Korea Selatan pulang, guyonane tolol ternyata rek @Indra Pramujito ♬ original sound - donopradana_

Mereka menyatakan bahwa tindakan tersebut sangat tidak dibenarkan dan dapat membahayakan keselamatan penumpang serta kelancaran perjalanan kereta api.

"Petugas di atas KA dan Railmin juga selalu mengimbau agar mematuhi instruksi petugas dan larangan yang berpotensi membahayakan penumpang dan perjalanan KA. Pelanggan yang melanggar aturan tersebut dapat dikenai sanksi mulai dari teguran, peringatan sampai diturunkan di stasiun terdekat," tulis akun itu dalam komentar pada Minggu (28/4).

PT KAI telah memperkenalkan gerbong kereta terbaru pasca tahun 2023, yang dikenal sebagai New Generation Industri Kereta Api (INKA). Gerbong ini dilengkapi dengan pintu otomatis yang menutup sendiri saat kereta berangkat, mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh pintu yang tidak tertutup sepenuhnya.

Insiden ini menjadi pengingat penting bagi semua pengguna media sosial untuk bertanggung jawab atas konten yang mereka bagikan. Aksi yang mungkin terlihat menarik untuk konten media sosial bisa memiliki konsekuensi serius dan membahayakan banyak orang.

(anm/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat