yoldash.net

Alasan Kenapa Tak Perlu Buru-buru Berdiri Saat Pesawat Baru Mendarat

Ketika lampu sabuk pengaman belum dimatikan, bahkan ada saja penumpang yang langsung membuka bagasi kabin demi segera mengambil koper atau tasnya.
Antrean penumpang berdiri untuk turun pesawat. (Istockphoto/tanyss)

Jakarta, Indonesia --

Mungkin kamu pernah memiliki pengalaman saat dalam penerbangan, melihat penumpang buru-buru berdiri untuk antre keluar setelah pesawat baru mendarat. Atau jangan-jangan kamu sendiri pernah melakukannya?

Ketika lampu sabuk pengaman belum dimatikan, bahkan ada saja penumpang yang langsung membuka bagasi kabin demi segera mengambil koper atau tasnya. Muncul pertanyaan, kenapa mereka begitu terburu-buru berdiri dari kursi pesawat?

Niatnya mungkin berusaha segera keluar dari pesawat dan ingin cepat sampai di tempat tujuan. Tapi, yang terjadi sering kali tindakan itu tidak bermanfaat, apalagi jika kemudian kamu mesti menunggu untuk mengambil bagasi tercatat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ya, seakan percuma kamu buru-buru berdiri untuk keluar pesawat, tapi kemudian bertemu lagi dengan penumpang lain dalam pengambilan bagasi tercatat di bandara. Fenomena ini juga bukan hanya terjadi di Indonesia.

Namun, ada beberapa alasan mengapa penumpang tidak perlu terburu-buru berdiri saat pesawat mendarat. Faktor keselamatan menjadi yang pertama yang dipertimbangkan untuk tidak melakukan perilaku tersebut.

Mengutip dari Stuff, hal tersebut menyangkut tata krama, etiket di pesawat memang bervariasi, tetapi secara umum, penumpang sebaiknya menunggu hingga barisan depan mereka keluar sebelum berdiri. Ini membantu mengurangi kekacauan dan memastikan proses keluar berjalan lancar.

Di Amerika Serikat, mereka memiliki aturan tak tertulis, jika penumpang duduk di kursi dekat lorong, sebaiknya sudah menyiapkan barang-barangnya sebelum giliran keluar. Jika sedang mencari barang di bagasi atas, dipastikan menyelesaikannya sebelum berdiri.

Salah satu pramugara, Tommy Cimato melalui akun tiktoknya @tommycimato mengingatkan bahwa berdiri terlalu cepat saat pesawat mendarat tidak aman.

"Jangan langsung berdiri saat pesawat mendarat, itu tidak aman. Kamu harus memastikan tetap duduk sampai di gate dan tanda sabuk pengaman dimatikan," katanya dalam video tersebut.

@tommycimato #fyp #flightattendant #airline #aviation #travel #tips ♬ Blue Blood - Heinz Kiessling

Dengan berdiri sebelum pesawat berhenti sepenuhnya dapat membahayakan keselamatan. Jika penumpang menanggalkan sabuk pengaman dan berdiri ketika pesawat masih bergerak, ada risiko jatuh atau terkena barang bawaan lainnya.

Di sisi lain, Influencer Perjalanan, Stephanie Miller, menyebut tindakan terburu-buru berdiri dari tempat duduk sebagai perilaku buruk.

"Saya minta maaf, tetapi jika kamu berdiri dan menyadari semua orang hanya berdiri di sana dan antrean tidak mengarah ke mana pun selama 15 menit, duduklah kembali," ujar Miller.

Nah, jadi ada baiknya kalian menunggu dengan sabar sambil duduk tenang sebelum antre untuk turun pesawat, daripada buru-buru berdiri dan membuat penumpang lain merasa terganggu.

(anm/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat