yoldash.net

Erick Thohir Pamer Rasio Utang RI Terendah di Kelompok G7

Menteri BUMN Erick Thohir memamerkan rasio utang negara terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang terendah di kelompok negara G7.
Menteri BUMN Erick Thohir memamerkan rasio utang negara terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang terendah di kelompok negara G7. (CNN Indonesia/ Muhammad Naufal).

Jakarta, Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir memamerkan rasio utang negara terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang terendah di kelompok negara G7.

Dalam unggahan akun Instagram @erickthohir, ia mengungkapkan rasio utang Indonesia terhadap PDB baru 38 persen pada 2023. Rasionya turun dibandingkan periode 2020 lalu yang mencapai 87 persen.

Sementara, posisi di peringkat pertama diduduki oleh Jepang yang memiliki rasio utang 252 persen, melesat dari 2020 yang hanya sebesar 98 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selanjutnya, Italia tahun lalu memiliki dengan rasio utang 137 persen, Amerika 122 persen, Prancis 110 persen, Inggris 100 persen, Kanada 67 persen, dan Jerman 64 persen.

ADVERTISEMENT

"Persentase utang Indonesia jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, Italia, Amerika Serikat, Prancis dan Inggris berutang lebih 100 persen dari jumlah PDB yang dimiliki," ujarnya.

Selain rasio utang yang masih terjaga, sambung Erick, pertumbuhan ekonomi yang baik dari tahun ke tahun membuat Indonesia menjadi salah satu kekuatan besar di dunia.

"Penghasilan negara atau PDB menembus Rp20.892 triliun dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,05 persen pada 2023 menunjukkan kekuatan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global," jelasnya.

[Gambas:Instagram]

Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, sambungnya, pemerintah bisa terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pencapaian ini merupakan hasil dari kerja nyata Bapak Presiden Joko Widodo dalam 10 tahun masa kepemimpinan," ujarnya.

Lebih lanjut, Erick memastikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto berkomitmen untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

"Dengan visi yang kuat, beliau menargetkan untuk meningkatkan PDB per kapita Indonesia menjadi US$10 ribu pada tahun 2029, sebuah langkah besar yang akan mengangkat Indonesia ke posisi ke-17 dalam jajaran negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia, sejajar dengan anggota elit forum G20," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat