yoldash.net

Pertamina Promosikan Indonesia pada Dunia Lewat MotoGP dan AARC 2024

Keterlibatan Pertamina ini menjadi diyakini dapat membuka peluang bisnis pada skala global dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Dalam beberapa tahun terakhir, Pertamina melalui Pertamina Mandalika International Circuit mengambil peran pada peningkatan perekonomian Indonesia. (Foto: arsip Pertamina)

Jakarta, Indonesia --

PT Pertamina (Persero) memastikan diri hadir pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 (MotoGP) dan Asia Road Racing Championship (AARC) yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Direktur Utama Pertamina, Wiko Migantoro mengatakan, keterlibatan Pertamina ini menjadi wujud realisasi komitmen membawa olahraga motor internasional ke Indonesia, yang diyakini dapat membuka peluang bisnis pada skala global dan mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri ke depannya.

"Tahun 2024, Pertamina tetap akan melibatkan 50 lebih UMKM dan diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar dari tahun sebelumnya untuk perekonomian daerah," kata Wiko.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam beberapa tahun terakhir, Pertamina melalui Pertamina Mandalika International Circuit mengambil peran pada peningkatan perekonomian di NTB, antara lain pada MotoGP 2023 yang dihadiri 103 ribu pengunjung. Sebanyak 50 UMKM Pertamina saat ini mencatatkan pendapatan mencapai Rp700 juta.

Konsep Sport Tourism itu juga dinilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dapat menjadi penyumbang devisa yang signifikan. Erick optimis, AARC dan MotoGP 2024 akan menjadi peluang emas untuk mempromosikan Indonesia pada dunia.

ADVERTISEMENT

"Kita memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal, serta mengukuhkan posisi The Mandalika sebagai The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination," kata Erick.

Lebih dari itu, Pertamina melalui anak perusahaan Pertamina Lubricants telah menjadi mitra VR46 Racing Team yang dimiliki oleh pembalap Valentino Rossi, dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Wiko mengungkapkan, kerja sama internasional ini merupakan langkah Pertamina sebagai pemain besar di dunia otomotif, sekaligus bukti kepercayaan VR46 Racing Team dan Valentino Rossi akan kualitas Pertamina Enduro.

"Partnership antara VR46 dan Pertamina dimulai sejak tahun 2024 hingga 2026, mengusung produk unggulan Pertamina Lubricants, yakni Pertamina Enduro," ujar Wiko.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan harap agar gelaran MotoGP 2024 dan AARC dapat memberi hasil terbaik bagi Indonesia.

"Kami mendukung penuh event Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit dengan tim kebanggaan MotoGP Pertamina Enduro VR46 Racing Team," katanya.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat