yoldash.net

Pembangunan Stasiun Baru Tanah Abang Dikebut Selesai September 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pembangunan ini dilakukan demi mengatasi makin padatnya penumpang KRL.
Ilustrasi. Stasiun baru Tanah Abang dikebut selesai akhir September 2024. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan proyek peningkatan dan pengembangan Stasiun Tanah Abang akan selesai pada akhir September 2024.

"Stasiun Tanah Abang bayangkan kan sempit sekali, banyak orang di sana. Kita ada tanah 4 hektare (ha), kita bangun baru dan itu akan selesai akhir September (2024)," ucap Budi, dikutip dari detik, Minggu (16/6).

Budi menyebut pembangunan ini dilakukan demi mengatasi makin padatnya penumpang KRL. Peningkatan dan pengembangan Stasiun Tanah Abang adalah kolaborasi Kemenhub, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Target yang diungkapkan Budi lebih cepat dari pernyataan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal. Pada Mei 2024 lalu, Risal memperkirakan pembangunan baru akan rampung akhir tahun ini.

ADVERTISEMENT

Stasiun Tanah Abang baru akan dibangun dengan luas utama 12 ribu meter persegi dengan bangunan 2 lantai. Ini bakal dilengkapi dengan bangunan komersil, fasilitas pendukung, serta fasilitas disabilitas.

Proyek ini menggarap sejumlah pembangunan, antara lain penambahan jalur kereta dari dua menjadi enam jalur, penambahan peron dari dua menjadi empat, hingga penataan fasilitas integrasi antarmoda.

Rinciannya, Kementerian Perhubungan membangun gedung stasiun baru dan jalan kereta api, fasilitas operasi KA (rel, persinyalan), serta jembatan penyeberangan orang (JPO) di atas jalur KA.

Sedangkan Pemprov DKI bakal melakukan pelebaran jalan dan membangun fasilitas integrasi antar moda. Misalnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta yang akan memperlebar jalanan di sekitar Stasiun Tanah Abang, dari semula hanya dua lajur menjadi empat lajur.

Sementara itu, PT KAI membangun area parkir serta penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan halaman stasiun, serta fasilitas intermoda dan kanopi.

Kemenhub memperkirakan pengembangan Stasiun Tanah Abang ini bisa meningkatkan kapasitas penumpang hingga tiga kali lipat. Jika semula hanya sanggup menampung 100 ribu orang, ke depan bisa untuk 300 ribu penumpang per hari.

(skt/mik)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat