yoldash.net

Profil Simon Aloysius Mantiri yang Gantikan Ahok Jadi Komut Pertamina

Simon Aloysius Mantiri merupakan orang dekat Prabowo. Pejabat tinggi Gerindra ini menjadi bendahara Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024.
Simon Aloysius Mantiri merupakan orang dekat Prabowo. Pejabat tinggi Gerindra ini menjadi bendahara Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024. (Instagram/@simon.mantiri)

Jakarta, Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir resmi mengangkat Simon Aloysius Mantiri menjadi komisaris utama PT Pertamina (Persero). Simon mengisi jabatan yang ditinggalkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ahok mengundurkan diri dari Pertamina pada 2 Februari lalu demi berkampanye untuk calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Penetapan Simon diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2023 Pertamina yang berlangsung hari ini (10/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Simon merupakan orang dekat Prabowo Subianto. Ia saat ini tercatat sebagai petinggi Partai Gerindra. Di struktur partai, ia menjabat wakil sekretaris Dewan Pembina DPP Gerindra.

Saat Pilpres 2024, Simon juga peran penting dalam kampanye pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pria asal Tomohon, Sulawesi Uatara ini merupakan Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Selain memegang urusan duit paslon Prabowo-Gibran, Simon juga aktif berkampanye langsung di Sulawesi Utara. Ia dan istrinya, Priscilia Waworuntu, menggagas sejumlah agenda kampanye Prabowo-Gibran di sana.

Selain sibuk berpolitik, Simon juga berbisnis tambang. Ia menjabat direktur PT Nusantara Energy Indonesia (NEI).

Dalam website resmi perusahaan, Nusantara Energy merupakan perusahaan investasi yang berbasis di Jakarta. Portofolio NEI mencakup spektrum industri yang luas seperti jasa pertambangan, transportasi laut curah, konstruksi, energi terbarukan, dan pasokan tenaga kerja.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat