yoldash.net

Jokowi Minta Rest Area Diperbanyak usai Ratas Evaluasi Mudik 2024

Presiden Jokowi memerintahkan K/L terkait untuk memperbanyak jumlah area istirahat alias rest area di sekitar jalan tol usai mengevaluasi mudik 2024.
Presiden Jokowi memerintahkan K/L terkait untuk memperbanyak jumlah area istirahat alias rest area di sekitar jalan tol usai mengevaluasi mudik 2024. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN).

Jakarta, Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kementerian/lembaga terkait untuk memperbanyak jumlah area istirahat alias rest area di sekitar jalan tol untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan terutama saat mudik lebaran.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (PMK) Muhadjir Effendy menyebut sebagai tindak lanjut, pemerintah akan memperbanyak rest area terutama di KM 97 arah Jakarta-Merak.

"Bapak Presiden telah memerintahkan kepada kami untuk melakukan perbaikan-perbaikan di beberapa hal yang menjadi catatan, yaitu memperbanyak jumlah rest area dan meningkatkan fasilitas di masing-masing rest area yang sudah ada," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhadjir melanjutkan Jokowi dalam ratas hari ini juga menyetujui revitalisasi Pelabuhan Jangkar di Situbondo sebagai pelabuhan reguler sehingga mampu mengurai kepadatan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

ADVERTISEMENT

"Terutama untuk mereka yang akan menyeberang dari Jawa ke wilayah NTB, NTT, dan beberapa pulau kecil di sekitar Madura sehingga tidak perlu menyeberang beberapa kali," kata dia.

Secara umum, sambung Muhadjir, Jokowi mengakui kenaikan kualitas penanganan mudik tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasih karena para pemudik telah disiplin dan mematuhi aturan yang berlaku, termasuk etika berkendara dan imbauan yang disampaikan Polri.

Pasalnya, angka kecelakaan tahun ini menurun.

[Gambas:Video CNN]



(khr/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat