yoldash.net

BRI Raih 2 Apresiasi dalam Bank Service Excellence Monitor MRI 2024

Dalam survei BSEM 2024, BRI mendapat peringkat 1 kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo, dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.
Ilustrasi super aplikasi BRImo dari BRI. (Foto: BRI)

Jakarta, Indonesia --

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI menerima penghargaan dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024, masing-masing sebagai peringkat pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo, dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.

Survei dilakukan oleh lembaga riset MRI, bekerjassama dengan Majalah Infobank. BSEM sekaligus memperlihatkan peningkatan kinerja pada sejumlah aspek produk dan layanan BRI, khususnya sisi digital channel.

Direktur Retail Funding & Distribution BRI, Andrijanto mengatakan bahwa perseroan akan selalu berupaya menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan di masyarakat. Pencapaian pada BSEM 2024 bakal menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus memberikan layanan terbaik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience nasabah di semua touchpoints," kata Andrijanto.

Pada aspek Mobile Banking Bank, secara keseluruhan skor BRI meningkat 2.65 point dan naik 3 peringkat dari tahun lalu. Hal ini menjadikan BRImo sebagai Mobile Banking terbaik versi penilaian MRI dengan menduduki peringkat 1 pada 2024.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Chatbot BRI "Sabrina" juga menyabet predikat Performa Terbaik Chatbot Bank. Dengan peningkatan skor sebesar 16.28 point dari tahun 2023, Sabrina Chatbot meraih peringkat 1 tahun ini.

Andrijanto menambahkan, BRImo saat sudah sudah dapat memberi berbagai kemudahan layanan keuangan, mulai tabungan, investasi, asuransi, hingga fasilitas untuk menjadi merchant BRI. Nasabah juga dipermudah berinvestasi melalui BRImo, mulai pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, hingga pembukaan deposito.

Menurut Andrijanto, seluruh inovasi itu dilakukan dalam konsep 'beyond banking service' untuk menemani keseharian nasabah.

Chatbot BRI Sabrina juga dikembangkan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang lebih human-like layaknya manusia, di mana nasabah dapat menyapa dan berbincang dengan Sabrina terkait produk dan layanan BRI, seperti informasi lokasi kantor, ATM BRI, AgenBRILink, dan lokasi merchant BRI terdekat, juga mendapatkan informasi promo BRI, cek saldo, mutasi rekening, hingga mengatasi kendala transaksi nasabah.

Teknologi lain yang disematkan pada Sabrina adalah Large Language Model (LLM) yang dapat meningkatkan pemahaman akan pertanyaan dan situasi yang dihadapi nasabah, sehingga Sabrina mampu memberikan respons yang presisi dan relevan dalam bahasa daerah Indonesia, seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dan daerah lainnya.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat