yoldash.net

Indosat dan Huawei Teken MoU Pengembangan AI di MWC 2024

Indosat dan Huawei menandatangani MoU pengembangan AI di MWC 2024, untuk memperkuat fondasi digital menuju visi Indonesia Emas 2024.
Indosat dan Huawei menandatangani MoU pengembangan AI di MWC 2024. (Foto: Arsip Indosat)

Jakarta, Indonesia --

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 untuk memperkuat fondasi digital Indonesia dengan pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Kolaborasi strategis ini menandakan komitmen bersama dalam pengembangan AI, aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi talenta.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, dan President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing, Jacqueline Shi.

Hadir pula Komisaris Utama Indosat Ooredoo Hutchison Halim Alamsyah, Komisaris Independen Indosat Ooredoo Hutchison Rudiantara, Vice President, Global Marketing and Sales Service Dept, Huawei Cloud Mark Chen, dan Huawei Indonesia Indosat Account Director, Daniel Wu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Vikram Sinha menyatakan, kedua belah pihak sepakat bahwa AI telah menjadi pendorong kemajuan teknologi global saat ini dan gelombang transformasi industri. Teknologi ini telah memiliki pengaruh besar pada transformasi industri serta kehidupan manusia.

Menurutnya, AI akan membawa perkembangan pesat penggunaan internet dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Menuju visi Indonesia Emas 2045, ekonomi digital akan menjadi pilar penting, di mana konstruksi cloud dan AI akan memegang peran kunci dalam pengembangan digital.

ADVERTISEMENT

"Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk mendemokratisasi digitalisasi di Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (26/2).

"Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memaksimalkan penawaran layanan dengan memanfaatkan ekosistem AI dan cloud. Kami optimis inisiatif ini akan membawa Indosat di garda depan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045," imbuh dia.

Di sisi lain, dengan berkolaborasi bersama Indosat, Huawei berambisi untuk membuat terobosan dalam public cloud dan aplikasi AI serta menyediakan layanan yang lebih beragam untuk pengguna dan bisnis lokal. Layanan ini didukung oleh pengalaman teknis dan komersial Huawei pada bidang tersebut.

Antusiasme Indosat dan Huawei bekerja sama mengembangkan cloud, mitra ekosistem AI, dan talenta AI bertujuan untuk memberdayakan berbagai industri dan mempromosikan pengembangan ekonomi digital di Tanah Air.

Jacqueline Shi menyatakan bahwa Huawei merasa bangga atas kolaborasi yang telah terjalin dengan Indosat Ooredoo Hutchison. Ia menganggap bahwa hal tersebut merupakan dukungan signifikan bagi transformasi digital di masa depan.

"Di Huawei, kami melihat kolaborasi ini sebagai komitmen untuk menggagas inovasi dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan. Upaya bersama kami menandakan visi bersama untuk memanfaatkan kekuatan AI dan cloud computing, mendorong pertumbuhan dan peluang di berbagai industri," paparnya.

Menurutnya kemitraan tersebut merupakan komitmen teguh untuk memberdayakan industri dan mendorong ekonomi digital ke depan. Ia berharap bahwa bersama-sama, mereka dapat memulai perjalanan transformasional, yang diberdayakan oleh kolaborasi, inovasi, dan visi bersama untuk masa depan yang lebih baik.

(rir/rir)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat