yoldash.net

Google Akan Hapus Permanen Riwayat Lokasi Pengguna

Setelah sekian lama, Google baru akan menghapus secara permanen riwayat lokasi pengguna Google Maps.
Ilustrasi. Riwayat lokasi akan dihapus Google. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Google akan menghapus secara permanen riwayat lokasi pengguna yang disimpan di Google Maps.

Fitur Timeline atau Linimasa, yang sebelumnya bernama Riwayat Lokasi, yang ada di aplikasi Google Maps merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melihat lokasi-lokasi yang dikunjungi selama ini.

Perusahaan akan segera menghapus data-data yang disimpan di sistemnya dalam rangka meningkatkan privasi pengguna.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski demikian, fitur riwayat lokasi pengguna masih dapat diakses pengguna. Sebagai gantinya, pengguna akan menyimpan data tersebut di memori penyimpanan ponsel atau tabletnya, alih-alih disimpan di server Google.

ADVERTISEMENT

"Fitur Linimasa di Maps membantu Anda mengingat tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi dan didukung oleh pengaturan yang disebut Riwayat Lokasi. Jika Anda termasuk di antara sebagian pengguna yang memilih untuk mengaktifkan Riwayat Lokasi (secara default dimatikan), Timeline Anda akan segera disimpan di perangkat Anda - memberikan Anda kontrol lebih besar atas data Anda," tulis Google di blognya.

"Sama seperti sebelumnya, Anda dapat menghapus semua atau sebagian informasi Anda kapan saja atau menonaktifkan pengaturan ini sepenuhnya," tambahnya.

Mengutip The Guardian, dalam sebuah email yang dikirimkan oleh perusahaan kepada para pengguna Maps, Google mengatakan bahwa mereka memiliki waktu hingga 1 Desember untuk menyimpan semua perjalanan lama pengguna sebelum dihapus untuk selamanya.

Pengguna masih dapat mencadangkan data mereka jika mereka khawatir kehilangannya atau ingin menyinkronkannya di seluruh perangkat, tetapi langkah tersebut tidak akan dilakukan secara default.

Perusahaan ini juga mengurangi jumlah waktu default untuk menyimpan riwayat lokasi. Sekarang, aplikasi ini akan mulai menghapus riwayat lokasi setelah hanya tiga bulan, turun dari standar sebelumnya yaitu satu setengah tahun.

Dalam unggahan blog yang mengumumkan perubahan tersebut, Google tidak menyebutkan alasan spesifik untuk pembaruan tersebut.

"Informasi lokasi Anda bersifat pribadi," tulis Google.

"Kami berkomitmen untuk menjaganya tetap aman, pribadi, dan dalam kendali Anda. Ingat: Google Maps tidak pernah menjual data Anda kepada siapa pun, termasuk pengiklan," tambah mereka.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat