yoldash.net

Siswa SMK Kupang Ciptakan Jemuran Pintar Berbasis Internet

Dua siswa SMKN 4 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menciptakan jemuran pintar yang berbasis internet. Bagaimana cara kerjanya?
Dua siswa SMKN 4 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menciptakan jemuran pintar yang berbasis internet. (Foto: Dok. Casandra Temaluru)

Jakarta, Indonesia --

Dua siswa SMKN 4 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menciptakan jemuran pintar yang berbasis internet. Bagaimana cara kerjanya?

Jemuran pintar berbasis ini diciptakan dua siswa, Cassandra Temaluru dan Gravila beberapa waktu lalu. Temuan ini pun sudah diakui dan di-launching oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT pada 3 Mei 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hari ini adalah hari yang sangat luar biasa karna sebelum saya mendengar kelulusan Di SMKN 4 Kupang Pada Hari Senin Saya Telah menyelesaikan projekt Jemuran Pintar Yang bisa dimonitoring di smartphone dan Pada Pagi Tadi Telah Launching Jemuran Pintar Internet Of Things Oleh Bapak Kadis Pendidikan & Kebudayaan Provinsi NTT DI SMKN 4 Kupang," kata Casandra lewat akun Instagram-nya, @casandra_temaluru02.

Dalam sebuah postingan lain, Casandra mendemonstrasikan cara kerja jemuran pintar itu. Terlihat bahwa jemuran itu berbentuk persegi panjang dengan sejumlah rangka di sisi-sisinya.

ADVERTISEMENT

Menurut Casandra, jemuran pintar ciptaannya ini bisa dikontrol melalui smartphone maupun laptop. Jemuran ini dibuat menggunakan sejumlah perangkat, di antaranya micro controller, dinamo, power supply, hingga sensor cahaya.

Terdapat sisi yang terlihat terbuka untuk menjemur pakaian, dan di sisi lainnya merupakan koridor jemuran untuk menghindari basah karena hujan.

Jemuran pintar ini bisa mendeteksi cuaca saat hujan maupun panas. Misalnya, ketika hujan pakaian yang dijemur dengan sendirinya akan masuk ke koridor jemuran, sementara saat panas pakaian akan kembali ke jemuran.

[Gambas:Instagram]

"Buat yang nanya gimana sistemnya Jemuran Pintar Berbasis Internet Of Things adalah kalo hujan otomatis ditarik ke tempat penyimpanan setelah hujan berenti dengan sendiri dia kembali menjemur pakian begitupun malam dengan sendiri ditarik ke tempat penyimpanan," kata Casandra menjawab sejumlah pertanyaan di kolom komentar.

"Dan kalo sudah pagi dia kembali menjemur pakian,Jemuran Pintar ini sudah terhubung ke internet lewat Wifi karna bisa dimonitoring di smartphone dan bisa memberikan Notifikasi," lanjut dia. 

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat