yoldash.net

Daftar 18 Negara Gagal Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Berikut daftar 18 negara gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus harus ikut kualifikasi Piala Asia 2027.
Vietnam dan Filipina tidak bisa menembus babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (AFP/NHAC NGUYEN)

Jakarta, Indonesia --

Fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 telah selesai dengan 18 tim melangkah ke tahapan selanjutnya, sementara 18 negara lainnya harus menyudahi langkahnya. Berikut daftar 18 negara gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Filipina dengan suka cita. Tiga poin dari laga melawan The Azkals berarti tiket lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara anak asuh Tom Saintfiet sama seperti 17 negara lain yang harus 'masuk kotak'.

Terdapat 18 negara yang harus mengubur ambisi mendekati aroma Piala Dunia. Negara-negara penghuni dua posisi terbawah klasemen Grup A sampai Grup I terjungkal dari persaingan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

India dan Afghanistan kalah saing dari Qatar dan Kuwait di Grup A. Sementara di Grup B, Suriah menempati peringkat ketiga dan Myanmar jadi juru kunci.

ADVERTISEMENT

Dua negara ASEAN penghuni Grup C juga gagal meraih tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Thailand secara dramatis gagal lolos karena kalah head to head dari China, sedangkan Singapura menjadi tim di posisi paling buncit.

Malaysia pun tak kuasa menahan Oman dan Kirgistan di Grup D. Negeri Jiran itu berada di posisi ketiga, hanya lebih baik ketimbang Taiwan yang menjadi lumbung gol.

Turkmenistan dan Hong Kong adalah dua negara tersisih dari Grup E. Keduanya tak bisa memberi perlawanan terhadap Iran dan Uzbekistan.

Saat Irak dan Indonesia merayakan keberhasilan melaju ke babak selanjutnya, Vietnam harus menerima kenyataan pahit. Begitu pula dengan Filipina yang tenggelam di dasar klasemen.

Dari Grup G, Tajikistan dan Pakistan bukan lawan sebanding bagi Yordania dan Arab Saudi. Begitu pula dengan Yaman dan Nepal yang tak bisa meredam Uni Emirat Arab dan Bahrain di Grup H.

Sedangkan dua negara penghuni posisi terbawah di Grup I adalah Lebanon dan Bangladesh.

Ke-18 negara tersebut tak cuma gagal masuk ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tetapi harus mengikuti babak kualifikasi untuk mengikuti Piala Asia 2027.

Daftar 18 Tim Negara Gagal Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026:

1. India
2. Afghanistan
3. Suriah
4. Myanmar
5. Thailand
6. Singapura
7. Malaysia
8. Taiwan
9. Turkmenistan
10. Hong Kong
11. Vietnam
12. Filipina
13. Tajikistan
14. Pakistan
15. Yaman
16. Nepal
17. Lebanon
18. Bangladesh

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat