yoldash.net

Indonesia vs Filipina: Harga Mati Menuju Teras Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia selangkah lagi masuk teras Piala Dunia 2026 dan itu bisa diwujudkan jika bisa mengalahkan Filipina di laga terakhir Grup F.
Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan saat melawan Filipina di laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Timnas Indonesia selangkah lagi masuk teras Piala Dunia 2026. Itu akan terwujud jika berhasil menumpas Filipina pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6) malam.

Saat ini tim Merah Putih berada di fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Untuk sementara tim asuhan Shin Tae Yong ini berada di peringkat kedua Grup F dengan tujuh poin dari lima laga.

Adapun Vietnam berada di peringkat ketiga Grup F dengan enam poin. The Golden Dragons harus menang atas Irak dan berharap Indonesia kalah dari Filipina agar bisa lolos ke fase ketiga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika menang atas Filipina, Indonesia akan mengumpulkan 10 poin. Artinya pula, bila di saat yang sama Vietnam menang atas Irak, Indonesia tetap lolos dengan status runner up Grup F.

ADVERTISEMENT

Kalau lolos, ini jadi pencapaian baru. Sebelum ini Timnas Indonesia belum pernah sedekat ini dengan Piala Dunia. Namun, lolos fase grup begini bukan pencapaian perdana.

Pada 1986, dalam ajang yang biasa ditulis media massa Indonesia sebagai Pra Piala Dunia (PPD), skuad Garuda asuhan Sinyo Aliandoe sempat lolos dari persaingan babak grup.

Ketika itu tidak ada fase playoff (yang di era saat ini disebut sebagai fase pertama kualifikasi). Indonesia langsung tampil di babak grup bersama 26 wakil Asia lainnya.

Dalam persaingan fase pertama PPD 1986 pada 15 Maret hingga 12 April 1985 ini, Indonesia tergabung di Grup 3B (zona Asia Timur) bersama Thailand, India, dan Bangladesh.

Indonesia lantas menjuarai Grup 3B, berkat empat kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah . Sayang di fase kedua, Indonesia kalah agregat 1-6 (0-2 dan 1-4) dari Korea Selatan.



Itulah pencapaian terbaik Indonesia di PPD atau Kualifikasi Piala Dunia. Kini, pencapaian itu bisa disamai Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan jika berhasil menumpas Filipina.

Asa lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus dapat tiket langsung ke Piala Asia 2027, ada di depan mata, tetapi sama sekali tidak mudah untuk diraih.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

Waspada Kejutan 9 Pemain Keturunan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat