yoldash.net

Profil Toni Kroos, Gelandang Elegan yang Pensiun usai Euro 2024

Toni Kroos mengumumkan akan pensiun setelah Euro 2024, tepatnya pada 17 Juli mendatang, melalui media sosial Instagram miliknya.
Toni Kroos akan pensiun dari sepak bola usai Euro 2024. (REUTERS/ALEKSANDRA SZMIGIEL)

Jakarta, Indonesia --

Toni Kroos mengumumkan akan pensiun setelah Euro 2024, tepatnya pada 17 Juli mendatang, melalui media sosial Instagram miliknya.

Pemain 34 tahun, kelahiran Greifswald, Jerman ini merasa sudah cukup di sepak bola. Ia ingin menjalani hidup baru di luar sepak bola yang telah ia geluti sejak 1997.

Kroos mulai berlatih sepak bola saat usia tujuh tahun (1997) di akademi Greifswalder SC. Selama lima tahun Kroos belajar di sana, yakni hingga pertengahan tahun 2002.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah itu Kroos membela akademi Hansa Rostock, klub yang berkiprah di kasta kedua Liga Jerman. Selama empat tahun di sana, bakatnya diendus tim pencari bakat Bayern Munchen.

ADVERTISEMENT

Tepatnya pada musim 2006/2007, Kroos membela tim usia muda Munchen. Hanya setahun, Kroos langsung promosi ke tim kedua, yakni Bayern Munchen II. Ia membukukan 13 caps dan mencetak empat gol.

Musim berikutnya Kroos promosi ke tim utama. Ia melakukan debut bersama tim berjulukan FC Hollywood ini saat menghadapi Hamburg SV. Namun, Kroos sempat dipinjamkan ke Bayern Leverkusen.

Semusim dari masa peminjaman, Kroos langsung jadi pilihan Utama. Perannya sebagai gelandang serang sangat vital. Setelah kembali ke Munchen, 10 gelar juara ia persembahkan untuk klub tersebut.

Pada saat yang sama Kroos jadi pilar penting di timnas Jerman. Bahkan ia menjadi salah satu generasi emas Jerman saat menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil.

Sukses di Piala Dunia 2014 ini mengantarkannya dipinang Real Madrid. Rupanya kisah suksesnya tercipta di Madrid. Sebanyak 21 gelar telah ia raih bersama El Real.

Musim ini, Kroos masih rutin tampil membela Madrid. Namun banyak bergantian atau saling menggantikan dengan Luka Modric.

Kroos sempat menyatakan pensiun dari timnas Jerman pada 2021. Namun pelatih Jerman saat ini Julian Nagelsmann ingin Kroos Kembali.

Akhirnya Kroos menyatakan bersedia kembali membela Die Mannschaft sejak Maret. Namun kini, niat gantung sepatu kembali diumumkan Kroos.

Toni Kroos akan resmi pensiun usai Euro 2024 nanti, bukan saja dari timnas Jerman, namun juga pamit dari sepak bola.

[Gambas:Video CNN]



(abs/jal)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat