yoldash.net

AFC Desak FIFA Hukum Israel

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mendukung proposal Federasi Sepak Bola Palestina (PFA) agar FIFA membekukan sepak bola Israel.
AFC desak FIFA hukum Israel. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Jakarta, Indonesia --

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mendukung proposal Federasi Sepak Bola Palestina (PFA) agar FIFA membekukan sepak bola Israel.

Presiden AFC Salman bin Ebrahim Al Khalifa dalam kongres tahunan yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Kamis (16/5), menyuarakan dukungannya terhadap mosi PFA menjelang kongres FIFA di Bangkok, Jumat (17/5).

"AFC hanya sekuat anggotanya dan ketika salah satu menderita, semua anggota lainnya terkena dampaknya. AFC berdiri bersama FA Palestina, dan kami bergabung dengan mereka dalam mencari solusi efektif terkait sepak bola terhadap keluhan yang diajukan FA Palestina dalam proposal mereka."

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Adalah tugas kami untuk mendukung Asosiasi Sepak Bola Palestina [PFA] untuk mencapai resolusi yang cepat dan efektif sesuai dengan aturan, regulasi, dan statuta AFC dan FIFA," ucap Salman dikutip dari Reuters.

Proposal agar sepak bola Israel dikirim PFA ke FIFA pada 11 Maret lalu. Proposal itu akan dibahas dalam Kongres ke-73 FIFA di Bangkok besok. Proposal tersebut ditambahkan ke dalam agenda Kongres setelah mendapat dukungan dari federasi Aljazair, Yordania, Suriah dan Yaman.

ADVERTISEMENT

Delegasi AFC mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban di Gaza dan diperlihatkan video yang diproduksi Asosiasi Palestina yang menyoroti kehancuran yang disebabkan pasukan Israel.


Presiden FIFA Gianni Infantino yang hadir dalam Kongres AFC, menyinggung masalah ini dalam kata sambutannya. Infantino menyerukan persatuan dalam upaya menangani masalah baik di dalam maupun di luar olahraga.

"Kami semua menderita atas apa yang terjadi di Palestina. Kami berdoa untuk para ibu yang kehilangan anak-anak mereka dan kami berdoa untuk para ibu yang kehilangan anak-anak mereka di mana pun di dunia."

"Sepak bola hanya bisa berbuat sedikit, karena untuk mengubah situasi tragis di mana pun di dunia, yang bisa kita lakukan hanyalah menunjukkan persatuan karena sepak bola adalah yang menyatukan semua orang," ucap Infantino.

PSSI yang diwakili Ketua Umum Erick Thohir juga mengungkapkan dukungan AFC untuk Palestina.

"Hari ini saya hadir dalam Kongres AFC di Thailand, Bangkok. Presiden AFC, Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dan Presiden FIFA, Gianni Infantino memberikan dukungan kepada Palestina dan menentang segala tindak kekerasan yang terjadi. Sepak bola harus menjadi pemersatu seluruh bangsa di dunia," tulis Erick melalui Instagram.

[Gambas:Video CNN]



(abs/rhr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat