yoldash.net

Sivakorn Pu Udom Sudah Dipastikan Jadi Wasit VAR Olimpiade

Wasit VAR kontroversial Sivakorn Pu Udom sudah dipastikan menjadi perangkat pertandingan pada Olimpiade 2024 sebagai video match official.
Sivakorn Pu-Udom menjadi salah satu perangkat pertandingan yang bakal bertugas di Olimpiade 2024. (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta, Indonesia --

Sivakorn Pu Udom sudah dipastikan menjadi perangkat pertandingan pada Olimpiade 2024 sebagai video match official atau wasit yang akan bertugas di ruangan Video Assistant Referee (VAR).

Pu Udom adalah wasit yang memiliki 'kedekatan' dengan fans Timnas Indonesia lantaran diduga kerap memiliki keputusan-keputusan yang merugikan skuad Garuda dalam beberapa turnamen belakangan.

Pertandingan Indonesia vs Irak pada fase grup Piala Asia 2023, duel Indonesia vs Qatar pada pembuka Piala Asia U-23 2024, dan Indonesia vs Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-2 2024 menyisakan kontroversi dan Pu Udom selalu berada di ruang VAR dalam tiga laga tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Belakangan muncul kabar burung soal wasit asal Thailand itu bakal menjadi wasit VAR dalam laga Indonesia vs Guinea pada laga playoff Olimpiade 2024.

Terlepas dari rumor tersebut, Pu Udom tercatat sebagai salah satu video match official yang bakal bertugas pada pesta olahraga terbesar tersebut.

ADVERTISEMENT

Pu Udom masuk dalam salah satu dari 20 video match official yang yang sudah diumumkan FIFA pada 3 April 2024.

Selain 20 video match official, FIFA juga menunjuk 21 wasit dan 42 asisten wasit, serta enam orang pendukung ofisial.

Sebanyak 89 perangkat pertandingan tersebut berasal dari 45 negara.

Cabang olahraga sepak bola putra pada Olimpiade 2024 menyediakan 16 slot. Sebanyak 15 negara sudah memastikan bakal berlaga di Prancis, satu tiket lagi bakal diperebutkan Indonesia dan Guinea dalam laga playoff yang berlangsung 9 Mei di Paris.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat