yoldash.net

Korea vs Indonesia: Nathan Absen, Garuda Muda Tetap Tenang

Posisi Nathan Tjoe-A-On yang hampir pasti absen saat Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 tak membuat Garuda Muda khawatir.
Nathan Tjoe A On hampir pasti absen saat Indonesia melawan Australia di perempat final. (Dok. AFC)

Jakarta, Indonesia --

Posisi Nathan Tjoe-A-On yang hampir pasti absen saat Timnas Indonesia U-23 melawan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024 tidak membuat skuad Garuda Muda khawatir.

Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, mengatakan Shin Tae Yong dan tim pelatih Timnas Indonesia tidak terlalu khawatir dengan absennya Nathan Tjoe-A-On.

"Kami bicara dengan Shin sebagai evaluasi pertandingan usai melawan Yordania. Dari evaluasi itu kita tidak terlalu khawatir, kan pelapis Nathan sudah ada. Kalau si Nathan tidak bisa, pasti ada opsi yang dipersiapkan, tentu ada strategi yang dipersiapkan dengan baik," ujar Sumardji dalam program CNN Connected di Indonesia TV, Selasa (23/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nathan dipulangkan ke Heerenveen usai Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Yordania 4-1 pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024, Minggu (21/4). Hal itu merupakan bagian dari perjanjian PSSI dengan klub pemain 22 tahun itu.

Nathan diharapkan masuk skuad Heerenveen saat melawan PSV pada lanjutan Liga Belanda, Kamis (25/4), yang berjarak kurang dari satu jam sebelum kickoff Korea Selatan vs Indonesia di perempat final Piala Asia U-23 2024.

ADVERTISEMENT

Sumardji mengatakan pihak PSSI tetap berupaya meyakinkan Heerenveen untuk kembali melepas Nathan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. Namun, hingga kini upaya itu belum membuahkan hasil.

"Kemarin memang sebelum pertandingan kami sudah berupaya, terutama ini upaya yang begitu intens berbicara dengan klub [Heerenveen]. Pak Ketua Umum [Erick Thohir] berulang kali intens berbicara dengan siapapun yang bisa mempengaruhi klub agar Nathan bisa kembali."

"Sehingga setelah pertandingan [lawan Yordania] kemarin kami sepat bicara diskusi kemungkinan bagaimana kalau Nathan tidak bisa kembali. Sampai saat ini federasi dalam hal ini Ketum dan teman-teman yang punya akses lagi berupaya dan berusaha supaya Nathan bisa bergabung dan bertanding lawan Korea Selatan," ucap Sumardji.

Nathan lebih banyak bermain sebagai gelandang di Piala Asia U-23 2024. Pemain kelahiran 22 Desember 2001 tampil impresif saat dipercaya Shin Tae Yong menjadi salah satu motor serangan Indonesia di lini tengah.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat