yoldash.net

Luar Biasa, Indonesia U-23 Satu-satunya Tim Pot 4 di Perempat Final

Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya tim non-unggulan atau Pot 4 yang berhasil lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia U-23 satu-satunya tim Pot 4 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta, Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya tim non-unggulan atau Pot 4 yang berhasil lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Indonesia bersama Malaysia, Tajikistan, dan China merupakan empat tim yang menduduki Pot 4 memasuki Piala Asia U-23 2024. Posisi Tim Garuda Muda sebagai tim debutan di Piala Asia U-23 kali ini membuat Indonesia berada di grup cukup berat.

Tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia yang merupakan dua kali semifinalis, dan Yordania, Timnas Indonesia U-23 justru berhasil menjadi runner-up dan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia menjadi satu-satunya tim Pot 4 yang lolos dari babak grup. China hanya mampu finis di posisi tiga klasemen Grup B. Begitu juga dengan Tajikistan yang hanya mampu meraih satu kemenangan, yakni melawan Thailand di laga terakhir Grup C.

ADVERTISEMENT

Sementara Malaysia masih akan menjalani laga terakhir Grup D melawan Kuwait hari ini, Selasa (23/4). Tapi dua kekalahan dari Uzbekistan 0-2 dan Vietnam 0-2 sudah menutup peluang Harimau Malaya lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Keberhasilan lolos ke perempat final membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi tim ASEAN kedua yang lolos, setelah Vietnam. Indonesia mencetak langsung menciptakan sejarah baru di penampilan perdana dengan lolos ke fase gugur Piala Asia U-23.

Di perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (25/4) malam waktu setempat, Indonesia akan menantang Korea Selatan yang lolos sebagai juara Grup B. Korea Selatan U-23 merupakan tim juara Piala Asia 2020 dan finalis pada 2016.

Korea memastikan status sebagai juara Grup B setelah mengalahkan Jepang 1-0 pada laga terakhir Grup B di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Senin (22/4).

Duel Indonesia vs Korea Selatan terbilang spesial. Pasalnya, ini adalah kali pertama bagi Shin Tae Yong menghadapi tim tanah kelahirannya sejak menjadi pelatih Timnas Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat