yoldash.net

PKB-PDIP Komunikasi Jelang Pilgub Jatim, Sejumlah Nama Disebut

PKB mengaku menjalin komunikasi intens dengan PDIP terkait Pilgub Jatim 2024.
Ilustrasi. PKB dan PDIP berkomunikasi soal Pilkada Jatim. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Surabaya, Indonesia --

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur mengaku tengah intensif berkomunikasi dengan PDI-Perjuangan (PDIP) jelang Pilkada Jatim 2024.

Bendahara PKB Jatim Fauzan Fuadi mengatakan komunikasi intens itu dijalin oleh Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar dengan Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah.

"Dengan PDIP kita cukup intensif ketemu sesuai dengan level masing-masing, Pak Said Abdullah dengan Gus Halim intens komunikasi. Tidak hanya bahas pilgub tetapi juga pilkada kabupaten/kota," kata Fauzan, di Kantor DPW PKB Jatim, Surabaya, Selasa (18/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya itu, Fauzan bersama Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Anik Maslachah juga mengaku sedang melakukan komunikasi serius dengan Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari.

"Saya, Bu Anik Maslachah juga intensif komunikasi dengan teman-teman PDIP, secara pribadi komunikasi dengan Bu Untari secara tipis-tipis termasuk [pembicaraan] lingkup Pilgub [Jatim 2024] juga seringkali kami lakukan," ucapnya.

Dalam komunikasi itu, Fauzan mengatakan, sudah bermunculan nama-nama tokoh yang berpotensi diusung PKB dan PDIP di Pilkada Jatim 2024. Meski demikian ia belum bersedia mengungkapnya.

"Mulai muncul nama-nama tapi ya masih tahap simulasi semua. Ada beberapa nama yang disebut oleh teman-teman PDI-Perjuangan," ujarnya.

Tak hanya dengan PDIP, Fauzan mengatakan PKB juga terus menjalin komunikasi dengan partai-partai yang belum menentukan calonnya di Pilkada Jatim, seperti PKS, Partai NasDem, hingga PPP.

"Rajutan koalisi untuk mengusung calon sendiri oleh partai-partai yang hari ini belum menentukan dukungan untuk pilgub itu saya kira terus kita lakukan terhadap para pimpinan dari NasDem, partai PKS, PDIP, bahkan dengan PPP yang mungkin DPW nya sudah memberikan usulan kepada calon tertentu," ucapnya.

Meski demikian, kata Fauzan, PKB tak buru-buru untuk menentukan arah koalisi dan calon yang bakal diusungnya.

Lagi pula, partainya bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya karena memiliki 27 kursi DPRD Jatim periode 2024-2029.

"Sebab kecukupan tiket juga sudah ada kita bisa memberangkatkan sendiri. Sehingga kita harus ukur calon yang kita usung ini akan diberangkatkan sendiri atau akan menggandeng teman-teman partai politik lain yang sampai hari ini juga belum memutuskan," pungkas dia.

(frd/arh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat