yoldash.net

Sudirman Said Disebut Batal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Dari lima bakal cagub di Jakarta, KPU memastikan hanya pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang memenuhi syarat dukungan.
Sudirman Said disebut batal maju sebagai bakal cagub DKI jalur perseorangan. (Foto: CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)

Jakarta, Indonesia --

Eks Co-captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Sudirman Said dan Abdullah Mansuri batal maju sebagai pasangan bakal calon independen (nonpartai) di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pasangan tersebut hanya mengajukan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke KPU DKI Jakarta, tetapi tidak melanjutkan tahapan selanjutnya.

Seharusnya, Sudirman-Abdullah menyerahkan syarat jumlah dan sebaran penerimaan pendukung kepada KPU agar pendaftarannya bisa berlanjut hingga dinyatakan sebagai cagub.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, KPU DKI Jakarta menyatakan hanya satu pasangan bacagub independen yang memenuhi syarat itu yakni Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto. Sementara Sudirman-Abdullah dan tiga bacagub lainnya tidak berupaya memenuhi persyaratan itu.

"Hanya pak Dharma [dan Kun Wardana yang memenuhi syarat itu]," kata Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata kepada Indonesia.com, Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

Hal itu juga telah dikonfirmasi oleh Komisioner KPU Idham Holik. Dia menyampaikan dari 11 bapaslon perseorangan Pilgub yang telah meminta dan mengaktivasi akun SILON hanya 3 bapaslon yang menyerahkan syarat dukungannya.

Kemudian, dari 3 bapaslon perseorangan Pilgub tersebut, hanya 2 bapaslon perseorangan yang diterima oleh KPU provinsi.

"Dan sebaliknya ada 1 bapaslon perseorangan yang dukungannya dikembalikan, dikarenakan tidak memenuhi syarat jumlah dan sebaran minimal.

Idham menyebut 2 bapaslon perseorangan tersebut adalah di Pilgub Kalimantan Barat dan DKI Jakarta. Untuk DKI yakni pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto.

Idham menjelaskan data dukungan kedua bakal paslon itu selanjutnya akan masuk verifikasi administrasi mulai 13 Mei sampai dengan 29 Mei 2024.

Sebelumnya, Sudirman Said telah berkonsultasi ke KPU DKI Jakarta untuk maju sebagai bakal calon independen di Pilkada 2024 bersama Abdullah Mansuri.

Sudirman Said juga disebut telah mengajukan akses Silon ke KPU DKI Jakarta.

"Calon Gubernur Sudirman Said dan calon Wakil Gubernur Abdullah Mansuri sudah mengajukan akses Silon," kata Komisioner KPU Idham Holik lewat keterangan tertulis, Sabtu (12/5).

Selain Sudirman-Abdullah, Idham menyebut ada pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, Noer Fajrieansyah dan Poempida Hidayatulloh yang juga telah melakukan hal serupa. Namun hanya Dharma-Kun Wardana yang menyerahkan syarat dukungan.

(wis/wis)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat