yoldash.net

PM Lawrence Wong soal Kebijakan Luar Negeri: Berteman dengan Semua

Perdana Menteri Singapura yang baru dilantik Lawrence Wong mengungkap kebijakan luar negeri negara-kota itu.
PM baru Singapura Lawrence Wong bicara soal kebijakannya terkait urusan luar neger, (REUTERS/Edgar Su)

Jakarta, Indonesia --

Perdana Menteri Singapura yang baru dilantik Lawrence Wong mengungkap kebijakan luar negeri negara-kota itu.

Dalam pidato perdana dia sebagai PM, Lawrence mengatakan dunia penuh dengan rivalitas dan konflik. Namun, dia menegaskan Singapura akan berteman dengan semua negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami akan terus berteman dengan semua pihak sembari menjunjung tinggi hak dan kepentingan kami," ujar Lawrence usai dilantik pada Rabu (15/5) malam waktu setempat.

Lawrence juga menyebut Singapura menghargai netralitas ASEAN dan upaya blok Asia Tenggara itu untuk mendorong kerja sama internasional dan global.

ADVERTISEMENT

Dia juga menyinggung rivalitas Amerika Serikat dan China.Lawrence berharap kedua negara itu memiliki hubungan yang stabil.

"Kami berharap hubungan AS-China stabil dan kami akan terus melibatkan kedua kekuatan, bahkan saat masalah muncul di antara mereka," imbuh dia.

AS dan China selama ini bermusuhan karena berbagai hal, mulai dari perselisihan Laut China Selatan, Taiwan, hingga saling tuding soal pelanggaran hak asasi manusia.

Di kesempatan itu, Lawrence juga bersumpah akan memperkuat kemitraan Singapura dan memajukan kepentingan demi hasil yang lebih baik bagi bangsa dan dunia.

Lawrence menjadi PM Singapura menggantikan Lee Hsien Loong yang telah memimpin negara itu selama 20 tahun.

(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat