yoldash.net

Animator Indonesia Ikut Produksi Kingdom of the Planet of the Apes

Sashya Subono Halse menjadi animator Indonesia yang turut berkontribusi dalam proses produksi Kingdom of the Planet of the Apes.
Sashya Subono Halse menjadi animator Indonesia yang turut berkontribusi dalam proses produksi Kingdom of the Planet of the Apes. (Wētā FX/20th Century Studios)

Jakarta, Indonesia --

Animator Indonesia turut terlibat dalam proses produksi Kingdom of the Planet of the Apes. Sashya Subono Halse merupakan animator Indonesia yang berkontribusi sebagai facial motion animator film keempat Planet of the Apes itu.

Berdasarkan keterangan resmi, Sashya Subono Halse menjadi salah satu animator dalam tim Wētā FX yang bertugas menghidupkan karakter para kera dan suasana film tersebut melalui teknologi performance capture.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Facial motion capture adalah proses mengubah pergerakan wajah seseorang secara elektronik menjadi database digital menggunakan kamera atau pemindai laser.

Basis data tersebut kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan grafik komputer (CG), animasi komputer untuk film, permainan, atau avatar waktu nyata.

ADVERTISEMENT

Sashya Subono Halse sebelumnya merupakan pengajar di bidang animasi di Indonesia, melanjutkan pendidikannya di Selandia Baru hingga menjadi bagian dari Wētā FX selama lebih dari 4 tahun.

Sashya Subono Halse sebagai Facial Motion Animator dalam Kingdom of the Planet of the Apes. (Arsip  20th Century Studios)Sashya Subono Halse sebagai Facial Motion Animator dalam Kingdom of the Planet of the Apes. (Wētā FX/20th Century Studios)

Kingdom of the Planet of the Apes juga bukan film blockbuster Hollywood pertama yang ia kerjakan. Animator yang fokus pada Facial Motion Animation ini pernah ikut proses produksi Guardians of the Galaxy Vol. 3 (2023) dan Avatar: The Way of Water (2022).

Sementara itu, Wētā FX merupakan perusahaan efek visual di Selandia Baru milik pembuat film Peter Jackson. Salah satu tugas utama mereka adalah mengubah aktor manusia menjadi kera secara digital.

Mereka juga membantu menciptakan dunia yang berlatar beberapa ratus tahun dari film sebelumnya. Perusahaan itu sudah terlibat dalam pembuatan tiga film sebelumnya dalam waralaba Planet of the Apes.

[Gambas:Video CNN]



Kingdom of the Planet of the Apes merupakan film keempat dalam saga Planet of the Apes. Film itu dirilis tujuh tahun setelah War for the Planet of the Apes dan berlatar 300 tahun usai peristiwa film ketiga.

Perbedaan latar itu menjadikan Kingdom of the Planet of the Apes mengusung cerita dengan kondisi dan potensi konflik yang baru, sehingga tidak lagi menampilkan Caesar (Andy Serkis) sebagai karakter utama.

Deretan karakter baru muncul di tengah zaman baru peradaban kera sekaligus kemunduran umat manusia yang berubah menjadi makhluk liar dan primitif.

Kingdom of the Planet of the Apes merupakan film yang diarahkan sutradara Wes Ball dari skenario Josh Friedman. Ball dikenal sebagai sutradara yang mengerjakan trilogi Maze Runner.

Film ini dibintangi deretan aktor baru yang memerankan karakter kera dan manusia, mulai dari Owen Teague, Freya Allan, Kevin Durand, Peter Macon, dan William H. Macy.

Kingdom of the Planet of the Apes tayang sejak 8 Mei di bioskop Indonesia.

[Gambas:Youtube]



(chri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat