yoldash.net

10 Kota Termahal buat Ekspatriat Tahun 2024, Siap Pindah?

Ingin pindah ke negara lain buat bekerja? Anda perlu cek daftar kota termahal buat ekspatriat berikut untuk pertimbangan.
Ilustrasi. Singapura, salah satu kota termahal di dunia buat ekspatriat. (iStock/catchlights_sg)

Jakarta, Indonesia --

Ingin pindah ke negara lain buat bekerja? Anda perlu cek daftar kota termahal buat ekspatriat berikut untuk pertimbangan.

Bekerja di negeri orang kadang bukan keputusan mudah. Banyak faktor perlu dipertimbangkan, termasuk soal biaya hidup.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam sebuah survei bertajuk Survei Biaya Hidup Mercer 2024, Hong Kong sekali lagi jadi kota termahal bagi pekerja luar negeri.

Sebelumnya, Hong Kong memuncaki daftar di 2022 dan 2023, disusul Singapura di peringkat kedua.

"Penting bagi organisasi untuk tetap mendapatkan informasi tentang tren biaya hidup dan tingkat inflasi dan mencari masukan dari karyawan mengenai masalah ini untuk mengelola dampaknya secara efektif," kata Yvonne Traber, pemimpin mobilitas global Mercer, dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan CNN.

Pemandangan Hong Kong dari ketinggian. Suasana Hong Kong di malam harillustrasi. Suasana Hong Kong, salah satu kota termahal buat ekspatriat. (Indonesia/Suriyanto)

Berikut daftar lengkap kota termahal buat ekspatriat.

1. Hong Kong
2. Singapura
3. Zürich, Swiss
4. Jenewa, Swiss
5. Basel, Swiss
6. Bern, Swiss
7. New York, AS
8. London, Inggris
9. Nassau, Bahama
10. Los Angeles, AS

Survei meneliti 226 kota berdasarkan perbandingan biaya pada lebih dari 200 item di setiap lokasi. Biaya yang dilihat termasuk transportasi, makanan, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan hiburan.

Menurut laporan tersebut, beberapa alasan biaya hidup kota-kota ini jadi mahal karena peningkatan biaya transportasi, barang dan jasa, serta pasar perumahan yang mahal.

Dengan laporan ini, pemberi kerja musti terbuka soal biaya hidup dan gaji bersih calon staf sehingga mereka memahami dampak finansialnya ketika pindah.

Lantas, kota apa saja yang biaya hidupnya rendah?

Laporan mencatat kota-kota dengan biaya hidup terendah adalah Islamabad di Pakistan, serta Lagos dan Abuja di Nigeria. Biaya hidup di sana rendah sebagian akibat 'depresiasi mata uang'.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat