yoldash.net

Pakar Ungkap Potensi Bahaya Ngecas Ponsel di Bandara

Pakar teknologi mengungkapkan bahwa menghubungkan ponsel ke stasiun pengisian USB umum di bandara dapat membuka peluang pelanggaran data dan infeksi malware.
Ilustrasi ngecas ponsel. (stokpic/Pixabay)

Jakarta, Indonesia --

Saat menunggu penerbangan, banyak penumpang yang memilih ngecas atau mengisi daya gadget atau ponsel mereka di ruang tunggu bandara. Apakah kamu adalah salah satunya?

Tahukah kamu bahwa mencolokkan ponsel kamu di bandara untuk menambah daya sebelum naik pesawat sebenarnya dapat meningkatkan risiko terhadap serangan peretasan.

Salah satu pendiri peritel teknologi Casely, Emily Stallings menekankan bahwa menghubungkan ponsel ke stasiun pengisian USB umum di bandara dapat membuka peluang pelanggaran data dan infeksi malware.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jika suatu perangkat terinfeksi, perangkat tersebut dapat membocorkan informasi sensitif atau bahkan berhenti berfungsi dengan baik," ujar Starlings seperti yang dikutip dari Stuff.

Port USB publik dapat disusupi oleh penjahat dunia maya, sehingga mereka dapat mencuri informasi sensitif yang dikirimkan antar perangkat.

ADVERTISEMENT

"Dari email pribadi hingga data keuangan, informasi yang disadap melalui port yang disusupi ini dapat menyebabkan pencurian identitas, kerugian finansial, dan konsekuensi serius lainnya," jelas Stallings.

Untuk menghindari risiko ini, Stallings menyarankan agar kamu mengisi daya gadget sepenuhnya sebelum berangkat atau menggunakan kabel dan powerbank pribadi. Dengan demikian, peluang peretas mengakses data perangkat kamu menjadi sangat kecil.

Selain itu, mengaktifkan fitur keamanan seperti Mode Terbatas USB dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan dari pelanggaran data dan infeksi malware saat terpaksa mengisi daya di port USB publik. Fitur ini membatasi transfer data melalui koneksi USB, mencegah akses tidak sah ke data kamu.

"Dengan mengaktifkan Mode Terbatas USB atau fitur keamanan serupa, kamu membatasi transfer data melalui koneksi USB, sehingga secara efektif mencegah akses tidak sah ke data perangkat kamu saat mengisi daya di ruang publik," katanya.

Selalu memperbarui perangkat lunak ponsel kamu juga bermanfaat. Artinya, ia akan memiliki patch keamanan terbaru dan perbaikan bug, sehingga kurang rentan terhadap penjahat dunia maya.

Hal lain yang harus diwaspadai adalah apa yang kamu lakukan saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik seperti internet gratis di bandara.

Batasi aktivitas internet kamu pada penjelajahan yang aman dan hindari transaksi keuangan atau akses akun pribadi. Pertimbangkan penggunaan VPN untuk mengenkripsi lalu lintas internet dan menambahkan keamanan ekstra.

(anm/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat