yoldash.net

Ini yang Akan Terjadi jika Kamu Telat Check-in Pesawat

Maskapai membuka counter check-in sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan, memastikan hak penumpang terpenuhi dan penerbangan berjalan lancar.
Ilustrasi jadwal penerbangan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan dengan pesawat, pasti sudah tidak asing dengan kebijakan yang mengharuskan penumpang tiba di bandara jauh sebelum waktu keberangkatan.

Kebijakan ini bukan tanpa alasan dan memiliki tujuan yang sangat penting bagi perjalanan kamu, yakni untuk memastikan keamanan dan kelancaran penerbangan.

Menurut Permenhub No. 185 Tahun 2015, maskapai membuka counter check-in sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan, memastikan hak penumpang terpenuhi dan penerbangan berjalan lancar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biasanya, counter check-in ditutup 30 menit sebelum keberangkatan, memberikan waktu bagi maskapai untuk menyiapkan dokumen penerbangan yang esensial.

Oleh karena itu, disarankan bagi penumpang melakukan check-in sebelum waktu yang ditentukan oleh maskapai penerbangan. Sebab, apabila melewati batas waktu tersebut, penumpang dapat kehilangan hak untuk naik pesawat dan dinyatakan sebagai no show atau tidak hadir.

ADVERTISEMENT

Mantan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara, Agus Santoso, menyatakan bahwa waktu 30 menit tersebut sangat krusial untuk memastikan semua dokumen penerbangan siap dan valid.

"Setelah penutupan counter check-in, maskapai memerlukan waktu 30 menit untuk memastikan dokumen penerbangan siap dan akurat," katanya.

Meskipun keterlambatan yang dilakukan terhitung singkat, bisa berdampak pada seluruh penumpang hingga mengakibatkan penundaan dalam pembaruan dokumen dan keberangkatan pesawat.

Penumpang dianjurkan untuk tiba lebih awal di bandara, memungkinkan proses check-in yang mulus dan waktu tambahan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Untuk mempermudah check-in, maskapai telah menyediakan opsi check-in online yang bisa diakses melalui ponsel pintar, serta mesin self check-in di bandara, yang mengurangi waktu antrean.

Dengan memahami dan mengikuti aturan ini, penumpang berkontribusi pada pengalaman penerbangan yang aman dan menyenangkan untuk semua.

(anm/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat