yoldash.net

5 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Kuning

Lantai kamar mandi yang kuning meninggalkan kesan jorok dan kotor. Lantas, bagaimana cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning?
Lantai kamar mandi yang menguning bisa dibersihkan dengan sejumlah cara, salah satunya menggunakan soda kue. (Foto: iStockphoto/spyarm)

Daftar Isi
  • 1. Bersihkan dengan kaporit
  • 2. Soda kue dan lemon
  • 3. Deterjen dan pemutih lantai
  • 4. Cuka
  • 5. Pakai pasta gigi
Jakarta, Indonesia --

Lantai kamar mandi yang kuning meninggalkan kesan jorok dan kotor. Lantas, bagaimana cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning?

Agar tidak jadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit, lantai kamar mandi yang kuning harus segera dibersihkan. Selain itu, kamar mandi yang bersih juga membuat penghuni rumah nyaman saat bersih-bersih setelah seharian berada di luar rumah.

Kondisi kamar mandi yang selalu lembap bisa menyebabkan perubahan warna pada keramik lantai kamar mandi atau menguning.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bisa jadi kelembapan tersebut disebabkan oleh kotoran, minyak, buih, dan air sabun tergenang di suatu tempat yang membuatnya menjadi berubah warna.

Sayangnya, membersihkan lantai kamar mandi yang kuning hanya dengan sabun terkadang tidak cukup untuk menjadikan warnanya kembali kinclong.

ADVERTISEMENT

Melansir berbagai sumber, berikut ini cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning.

1. Bersihkan dengan kaporit

Kaporit dikenal sebagai bahan untuk menjaga air di kolam renang tetap bening. Ternyata, kaporit juga bisa menjadi pembersih lantai kamar mandi yang kuning.

Caranya cukup mudah, cukup siram air panas ke lantai kamar mandi lalu tinggal tuangkan kaporit di atas lantai secara merata.

Biarkan lantai kamar mandi tergenang kaporit panas sekitar 30 menit. Setelah itu, sikat noda bandel kuning dengan sikat WC. Setelah itu, siram air agar noda kuning terkelupas.

2. Soda kue dan lemon

Ilustrasi buah lemonIlustrasi. Salah satu cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning adalah dengan soda kue dan perasan lemon. (Raw Pixel)

Menukil Get Set Clean, cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning bisa dengan menggunakan soda kue atau baking soda dan perasan lemon.

Caranya dengan memasukkan 1 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan perasan lemon ke dalam mangkuk dan aduk rata. Setelah itu, oleskan langsung pada area lantai yang kuning dengan sikat berbulu lembut.

Biarkan dulu selama 45 menit. Gosok-gosok lantai dengan campuran soda kue dan lemon memakai sikat gigi bekas selama 5-10 menit.

Ini akan menghilangkan noda membandel. Bilas lantai secara menyeluruh dengan air dan lap dengan kain lembap.

3. Deterjen dan pemutih lantai

Untuk membersihkan lantai kamar mandi yang kuning, kamu juga bisa menggunakan pemutih, air, dan deterjen.

Cukup siapkan larutan 1 cangkir pembersih lantai pemutih dan 2 sendok makan deterjen cair dalam 1 ember air hangat. Tuangkan larutan ini ke lantai, ratakan dan diamkan selama 30-45 menit.

Pastikan kamu membersihkan noda secara merata. Bersihkan dengan spons basah. Ingatlah selalu untuk memakai sarung tangan karet saat menggunakan pemutih.

4. Cuka

white vinegar on white table topIlustrasi. Salah satu cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning adalah dengan cuka. (iStockphoto/new look casting)

Cara selanjutnya dengan menggunakan cuka, Kamu cukup campurkan setengah gelas cuka dengan sekitar 10 ml air lalu aduk hingga merata.

Lalu, tuangkan larutan cuka ke dalam wadah semprot. Setelah itu, kamu hanya perlu menyikat lantai kamar sembari menyemprotkan larutan cuka yang sudah kamu buat.

5. Pakai pasta gigi

Cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning adalah dengan memakai pasta gigi. Caranya gunakan pasta gigi dan sikat kamar mandi, oleskan pasta gigi ke permukaan lantai, lalu sikat lalu bilas dengan air hingga bersih.

(pua/pua)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat