yoldash.net

7 Ide Bisnis Musiman Jelang Iduladha 2024

Ide bisnis musiman yang banyak dicari saat Iduladha mulai dari jual hewan kurban hingga jadi admin media sosial.
Ide bisnis musiman yang banyak dicari saat Iduladha mulai dari jual hewan kurban hingga jadi admin media sosial. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Daftar Isi
  • 1. Jual hewan kurban
  • 2. Penjualan atau penyewaan perlengkapan masak
  • 3. Persewaan mobil pick-up
  • 4. Berjualan makanan berat dan snack
  • 5. Berjualan baju muslim dan perlengkapan salat
  • 6. Jasa fotografer dan videografer
  • 7. Admin, copywriter, dan designer media sosial
Jakarta, Indonesia --

Tak terasa Hari Raya Iduladha tinggal menghitung hari. Selain menjadi momen penting bagi umat Islam melaksanakan ibadah kurban, hari raya ini juga kesempatan emas untuk mulai membangun bisnis.

Ada banyak ide bisnis musiman yang bisa dilakukan di momen Iduladha, yang tentunya dapat menghasilkan banyak keuntungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika Anda sedang mencari ide usaha yang menjanjikan jelang Iduladha, berikut tujuh ide usaha yang bisa dicoba.

1. Jual hewan kurban

Perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho menyebut menjual hewan kurban bisa menjadi salah satu ide bisnis musiman jelang Iduladha.

ADVERTISEMENT

Menurutnya penyembelihan hewan kurban menjadi 'bintang' pada perayaan Iduladha.

"Maka permintaan dan kebutuhan akan hewan kurban, seperti kambing dan sapi akan sangat tinggi," ujar dia kepada Indonesia.com, Selasa (11/6).

Jika Anda memiliki akses atau hubungan dengan peternak hewan, Anda dapat memasok hewan kurban kepada masyarakat yang ingin berkurban. Anda dapat menjual hewan kurban secara langsung atau melalui pemesanan sebelumnya.

2. Penjualan atau penyewaan perlengkapan masak

Ide bisnis musiman jelang Iduladha selanjutnya adalah menjual atau menyewa perlengkapan masak. Menurut Andi, bisnis ini bisa dimanfaatkan karena ada banyak hewan yang disembelih dan akan segera diolah dagingnya.

"Maka kebutuhan akan peralatan untuk mengolah makanan dan memasaknya akan tinggi," jelas dia.

Beberapa perlengkapan masak, contohnya bumbu dapur, tusuk sate, panggangan, arang, kompor, panci, dan lain sebagainya.

3. Persewaan mobil pick-up

Bisnis persewaan mobil pick-up juga bisa dimanfaatkan. Pasalnya, kata Andi, mobil pick-up biasanya digunakan untuk mengangkut berbagai hal yang berkaitan dengan penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban.

4. Berjualan makanan berat dan snack

Bisnis menjual makanan berat dan snack tentu bisa menjadi salah satu ide bisnis jelang Iduladha. Pasalnya, Iduladha merupakan salah satu hari besar Islam, maka ada banyak kelompok masyarakat yang saling kunjung dan silaturahmi ke saudara maupun tetangga setelah melaksanakan salat Ied.

"Maka dibutuhkan makanan berat seperti lontong sayur, rendang, opor, serta berbagai macam snack dan kue-kue untuk disuguhkan kepada tamu yang datang," tutur Andi.

Selain itu, ada juga sejumlah tempat yang mengadakan penyembelihan hewan kurban di mana orang-orang yang bertugas bekerja secara sukarela. Maka, lanjut dia, kepada mereka juga diberikan logistik makanan berat dan snack untuk kelancaran kegiatan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban.

"Selain itu kebutuhan makan berat ini juga meningkat karena ada aktivitas pengajian dan syukuran yang diadakan oleh orang-orang yang akan dan telah melakukan ibadah haji," sambungnya.

5. Berjualan baju muslim dan perlengkapan salat

Selain memotong hewan kurban, Andi menjelaskan aktivitas yang dilakukan berbarengan pada saat Iduladha adalah naik haji. Bagi mereka yang akan berangkat haji, terkadang mengadakan syukuran dan pengajian sebelum maupun setelah berangkat haji.

"Dan ketika mereka mengadakan acara tersebut, terkadang memberikan gift berupa hampers berisi pakaian muslim atau perlengkapan salat bagi orang-orang yang diundang datang," ujar dia.

Oleh sebab itu, bisnis menjual baju muslin dan perlengkapan salat bisa dimanfaatkan jelang Iduladha. Bila Anda memiliki modal besar, bisa dengan memborong dari grosir atau pedagang besar. Sehingga bisa mendapatkan diskon. Namun, jika modal tidak cukup atau ingin tanpa modal, Anda dapat melakukan dengan menjadi reseller.

6. Jasa fotografer dan videografer

Iduladha adalah momen yang berharga dan menggembirakan bagi banyak orang. Tawarkan layanan fotografi dan videografi untuk mendokumentasikan momen-momen spesial selama perayaan Iduladha.

"Dibutuhkan untuk mendokumentasikan acara-acara seperti penyembelihan hewan kurban, ataupun acara pengajian dan syukuran bagi mereka yang akan berangkat dan pulang haji," kata Andi.

7. Admin, copywriter, dan designer media sosial

"Dibutuhkan oleh mereka yang ingin memiliki konten menarik di media sosialnya tentang aktivitas penyembelihan hewan kurban, pengajian dan syukuran berangkat haji, atau toko-toko online yang ingin mengambil momentum Iduladha," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat