yoldash.net

Falguni Nayar, Ratu Startup Kecantikan India yang Berharta Rp50,46 T

Tak pernah ada kata terlambat untuk membangun bisnis yang diminati. Falguni Nayar, salah satu orang terkaya di India, berhasil membuktikannya.
Tak pernah ada kata terlambat untuk membangun bisnis yang diminati. Falguni Nayar, salah satu orang terkaya di India, berhasil membuktikannya. Ilustrasi. (Basith Subastian/CNNIndonesia).

Jakarta, Indonesia --

Tak pernah ada kata terlambat untuk membangun bisnis yang diminati. Falguni Nayar, salah satu orang terkaya di India, berhasil membuktikannya.

Ia rela meninggalkan karir belasan tahun sebagai bankir untuk membangun startup kecantikan Nykaa. Keputusan itu membuat Falguni sukses membangun kerajaan bisnis kecantikan yang bernilai miliaran dolar.

Bahkan, Forbes menempatkan Falguni pada peringkat wahid wanita mandiri terkaya di India. Per Sabtu (8/6), harta Falguni tercatat US$3,1 miliar atau sekitar Rp50,46 T (asumsi kurs Rp16.276 per dolar AS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari berbagai sumber, Falguni lahir pada 19 Februari 1963 di Mumbai, Maharastra, India. Ia besar di lingkungan keluarga Gujarat di mana sang ayah memiliki usaha onderdil bantalan (bearing) kecil.

Usai menyelesaikan SMA, Falguni melanjutkan pendidikan tinggi di Sydenham College of Commerce and Economics. Lalu, ia mendapatkan gelar sarjana di bidang perdagangan di sana. Tak puas, ia melanjutkan studi master di Indian Institute of Management Ahmedabad di mana ia bertemu dengan pria yang akan menjadi suaminya, Sanjay Nayar.

ADVERTISEMENT

Perempuan berusia 61 tahun ini mengawali karir di perusahaan konsultan AF Ferguson & Co. Pada 1993, Falguni bergabung dengan Kotak Mahindra Group. Awalnya, ia memimpin divisi merger dan akuisisi di sana. Namun, berkat kepiawaiannya ia dipercaya untuk memimpin ekspansi lini bisnis ekuitas perusahaan di London dan New York.

Pada 2001, Falguni kembali ke India. Selang empat tahun, ia dipercaya untuk menjabat sebagai direktur pelaksana Kotak Mahindra Capital merangkap direktur Kotak Securities.

Hampir dua dekade berkarir sebagai bankir investasi, Nayar memutuskan untuk berhenti dan membangun bisnis sendiri, FSN E-Commerce Ventures Private Limited.

Ia merogoh kocek US$2 juta dan mengajak sejumlah investor untuk bergabung sebagai modal awal perusahaan yang resmi berdiri pada Maret 2012.

Falguni memilih Nykaa sebagai nama publik perusahaan. Nykaa berasal dari bahasa sansekerta 'Nayaka' yang berarti orang yang menjadi sorotan. Di awal berdiri, Nykaa adalah startup e-commerce produk kecantikan dan gaya hidup yang membawa merek-merek kosmetik global ternama ke India.

Tak disangka, Nykaa sukses besar. Permintaan kosmetik bermerek tinggi di negara yang terkenal dengan industri film Bollywood ini.

Di tangan Falguni, Nykaa berkembang pesat. Pada 2014, Nykaa membuka toko fisik pertamanya di Terminal 3 Bandara Internasional New Delhi. Selang setahun, Falguni melebarkan sayap perusahaan dengan memproduksi kosmetik dan aksesoris merek sendiri Nykaa.

Pada 2020, Nykaa resmi menjadi startup dengan valuasi menembus US$1 miliar alias unicorn. Kemudian, pada November 2021, Falguni mengantarkan Nykaa melantai ke bursa saham India. Saat itu, valuasi perusahaan sempat menembus hampir US$13 miliar dan penawaran yang masuk mencapai US$32,55 miliar.

Falguni pun masuk ke daftar wanita terkaya dunia usai IPO yang meraup dana lebih dari US$700 juta itu.

"Sebagai bankir investasi, saya telah melihat perusahaan naik dan turun. Hanya perusahaan yang menciptakan nilai berkelanjutan jangka panjang bagi pemegang saham, pelanggan, dan semua orang di ekosistem yang dapat bertahan dan berkembang," ujarnya dalam petikan wawancara dengan Forbes India pada 2021 lalu.

Nykaa kini telah menjadi e-commerce raksasa yang menawarkan lebih dari 200 ribu produk dari ribuan merek kosmetik dan aksesoris kecantikan. Perusahaan juga mengoperasikan ratusan toko fisik yang tersebar di berbagai penjuru India.

Di usia senja, Falguni sudah mempercayakan sebagai bisnis Nykaa kepada kedua anak kembarnya, Adwaita Nayar dan Anchit Nayar. Adwaita saat ini menjabat sebagai pimpinan Nykaa Fashion. Sementara, Anchit menjabat sebagai Direktur Eksekutif Nykaa dan CEO Nykaa E-Retail.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat