yoldash.net

Luhut Klaim Defisit APBN Rp600 T ke Prabowo Bisa untuk Makan Bergizi

Menkomarinves Luhut Pandjaitan mengklaim dengan defisit APBN Rp600 triliun untuk pemerintahan Prabowo Subianto, sejumlah program unggulan bisa dilaksanakan.
Menkomarinves Luhut Pandjaitan mengklaim dengan defisit APBN Rp600 triliun untuk pemerintahan Prabowo Subianto, sejumlah program unggulan bisa dilaksanakan. (ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengklaim dengan melebarkan defisit APBN sekitar Rp600 triliun untuk pemerintahan Prabowo Subianto, sejumlah program unggulan bisa dilaksanakan.

Ia menuturkan perhitungan itu didapat dari hasil pemodelan yang dilakukan tim di Kemenko Marves.

"Dia pemerintahan yang akan datang bisa dapat bisa Rp600 triliun extra, kurang lebih. Sehingga pembangunan Talan Tol Sumatera akan tetap dilakukan," kata Luhut dalam rapat Badan Anggaran DPR RI, Rabu (5/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kemudian IKN gak ada masalah. Kemudian berbagai proyek-proyek lain gak masalah," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Luhut juga menyebut dengan tambahan anggaran dari defisit Rp600 triliun, Prabowo bisa merealisasikan program makan bergizi dan membangun 20 SMA unggul.

"Termasuk makan bergizi dengan rencana presiden terpilih membangun 20 sekolah SMA unggul di Indonesia," kata Luhut.

Sementara itu, Anggota Badan Anggaran Fraksi PDIP Dolfie OFP menuding defisit APBN era transisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo senilai Rp600 triliun tersebut merupakan tertinggi.

Adapun defisit sesuai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) APBN 2025.

Dalam KEM PPKF APBN 2025, defisit APBN tahun depan dirancang sebesar 2,45 persen sampai 2,82 persen dari PDB.

"Defisitnya hampir 3 persen. Pakai batas minimum saja sudah Rp600 triliun. Setiap pergantian pemerintahan kita punya preseden defisit. Nah, defisit transisi ini adalah yang paling tinggi dari proses transisi yang pernah ada," ujar Dolfie dalam Rapat Badan Anggaran, Selasa (4/6).

Dolfie pun lantas mempertanyakan defisit itu sejatinya akan digunakan untuk belanja apa.

"Presidennya belum kerja anggarannya sudah defisit lebih dari Rp600 triliun. Ini untuk membiayai program siapa?" kata dia.

Dolfie juga kaget belanja APBN tahun pertama Prabowo mencapai Rp3.500 triliun. Ia heran dengan pemaparan yang disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Ia mempertanyakan postur APBN 2025 yang disusun seakan tak mencerminkan APBN transisi.

[Gambas:Video CNN]

"Jadi, di 2025 ini kalau kita lihat dari arah kebijakan fiskal yang tercermin di postur APBN, belanja negara akan didesain di angka kira-kira Rp3.500 triliun lebih. Pertanyaannya, ini belanjanya siapa pak?" ucapnya.

"Menteri-menteri tidak punya visi misi, yang punya visi misi presiden. (Belanja) Rp3.500 triliun di 2025 ini proyek siapa? Cawe-cawe siapa? Apakah ini proyek-proyek titipan? Kan tidak, APBN bukan tempat penitipan proyek," cecar Dolfie.

Ia lantas menguliti rencana penggunaan duit negara hingga Rp3.500 triliun di 2025. Dolfie melihat belanja pemerintah pusat untuk tahun pertama Prabowo yang dianggarkan pemerintahan Presiden Joko Widodo mencapai Rp2.600 triliun lebih.

"Proyek siapa ini pak? Menteri yang lama apakah akan jadi menteri lagi? Kementeriannya saja akan bertambah. Ini proyek siapa? Ini harus ada landasannya pak," tegas Dolfie.

Dolfie menegaskan pemerintahan Presiden Jokowi seharusnya berkomitmen dalam menyusun APBN transisi untuk presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Ia mendesak pemerintah memberikan ruang fiskal yang cukup untuk Prabowo dan jajarannya menyesuaikan di kemudian hari.

(mrh/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat