yoldash.net

Melihat Ekonomi Iran di Bawah Presiden Raisi yang Tewas Kecelakaan

Iran memiliki peranan penting dalam perekonomian global yakni sebagai salah satu produsen minyak terbesar di dunia.
Iran memiliki peranan penting dalam perekonomian global yakni sebagai salah satu produsen minyak terbesar di dunia. (iStock/Rainer Puster).

Jakarta, Indonesia --

Presiden Iran Ebrahim Raisi meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada akhir pekan ini.

Kejadian tragis tersebut juga menewaskan delapan orang lainnya yang termasuk dalam daftar penumpang helikopter jenis Bell 212 buatan Amerika Serikat tersebut.

Hingga kini, pemerintahan pusat Iran bakal diambil alih oleh Wakil Presiden pertama Mohammad Mokhber.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iran sendiri saat ini tengah terlibat perang dengan Israel belakangan ini. Israel disebut menggempur Kota Isfahan, Iran pada 19 April. Ketika itu, pasukan Zionis menggempur pangkalan militer Iran.

ADVERTISEMENT

Ledakan juga terdengar di bandara Isfahan. Iran sampai-sampai menutup wilayah udara dan segera mengaktifkan sistem pertahanan udara.

Serangan itu merupakan respons atas gempuran Iran ke Israel dengan drone dan rudal pada 13 April.

Pecahnya dua kekuatan besar Timur Tengah ini menimbulkan kekhawatiran akan semakin meluasnya peperangan sehingga berdampak pada perekonomian tak hanya Iran dan Israel tapi juga dunia.

Maklum, Iran memiliki satu peranan penting dalam perekonomian global. Mereka merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia.

Melansir berbagai sumber, Iran menempati peringkat kedua di dunia dalam cadangan gas alam terbanyak dan keempat dalam hal cadangan minyak mentah. Ekspor minyak mentah Iran tumbuh sekitar 50 persen tahun lalu ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir, yaitu sekitar 1,29 juta barel per hari.

Badan Energi Internasional mencatat Iran memproduksi 2,99 juta barel minyak setiap hari tahun lalu. Jumlah itu 440 ribu barel lebih banyak dibandingkan pada 2022. Produksi minyak Iran diperkirakan akan bertambah lebih lanjut sebesar 160 ribu barel pada tahun ini.

Menurut laporan Bank Dunia 2022, perekonomian Iran ditopang oleh sektor hidrokarbon, pertanian, jasa, serta kehadiran negara di bidang manufaktur dan jasa keuangan.

Di sektor pertanian, seperempat dari jumlah ekspor Iran yang tidak termasuk ekspor petroleum berasal dari sektor ini. Sektor pertanian menyumbang sebanyak 11 persen pendapatan negara Iran pada 2004 dan mempekerjakan 23 persen dari tenaga buruh.

Sementara itu saat ini, industri utama Iran adalah petrokimia, keluli, dan pembuatan bahan tembaga. Industri lain termasuk juga industri otomotif, barang elektrik dan komunikasi, simen, pembuatan jentera, perkilangan kertas, getah, karpet, hingga farmasi.

Selain itu, Iran juga turut maju dalam industri pertahanan dan militer. Padahal pada 2006, Iran sempat mengimpor pengeluaran industri pertahanan ke 57 negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara NATO.

Jasa juga menjadi sektor ekonomi terbesar di Iran. Pada 2004, sektor ini menghasilkan 48 persen keluaran dalam negara kasar (KDNK) Iran dan mempekerjakan 44 persen dari tenaga buruh.

Industri jasa utamanya adalah jasa biasa seperti pendidikan, perdagangan, jasa pribadi, jasa profesional seperti kesehatan, dan juga pariwisata. Kendati, sektor ini juga turut menelan belanja yang besar dari dana negara.

Sementara itu, sektor pertambangan Iran kurang berkembang dibanding dengan sektor lainnya. Hasil produksi kasar bahan mineral Iran kurang dari 0,6 persen penghasilan Iran.

Faktor-faktor utama yang menghambat sektor ini adalah kekurangan infrastruktur yang sesuai, kesulitan dalam eksplorasi, dan juga pengawasan negara dalam sumber alam.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat