yoldash.net

TransNusa Ungkap Kondisi Petugas yang Jatuh dari Pintu Pesawat

Manajemen TransNusa mengatakan petugas yang jatuh dari pintu pesawat dalam kondisi baik.
Manajemen TransNusa mengatakan petugas yang jatuh dari pintu pesawat dalam kondisi baik. (Foto: Arsip Istimewa)

Jakarta, Indonesia --

PT TransNusa Aviation Mandiri mengungkap kondisi petugasnya yang jatuh dari pintu pesawat.

Petugas yang mengalami kecelakaan kerja itu merupakan karyawan PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS), perusahaan yang menangani kegiatan ground handling TransNusa.

Manajemen mengatakan kini petugas tersebut dalam kondisi baik. Perusahaan juga telah memberikan perawatan medis bagi korban.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"TransNusa dan PT JAS telah memastikan bahwa petugas yang mengalami kecelakaan tersebut saat ini telah menerima penanganan medis dan dalam kondisi yang baik," kata Marketing PT TransNusa Aviaton Mandiri dalam keterangannya, Kamis (16/5).

ADVERTISEMENT

Perusahaan maskapai ini juga menegaskan telah berkoordinasi dengan PT JAS untuk meningkatkan prosedur keamanan, serta menerapkan langkah pencegahan yang lebih ketat guna menghindari terulangnya insiden serupa di masa mendatang.

Manajemen menyatakan peristiwa tersebut terjadi karena ada miskomunikasi dan insiden itu terjadi pada 13 Mei 2024. Dalam video terlihat seorang petugas berdiri di pintu pesawat dekat dengan perbatasan tangga turun/naik penumpang.

"Kejadian tersebut terjadi karena miskomunikasi antara petugas flight coordinator (FC) dengan petugas passenger boarding stairs (PBS) PT JAS yang mengakibatkan petugas FC tidak mengetahui posisi PBS ketika hendak meninggalkan pesawat," tulis TransNusa.

Sebuah video yang memperlihatkan seorang petugas bandara terjatuh dari pesawat ketika petugas lainnya menggeser tangga naik penumpang, menjadi viral di media sosial.

Kejadian yang menimpa sosok yang diketahui merupakan petugas PT TransNusa Aviation Mandiri terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Seperti yang terlihat di dalam video, mulanya petugas Flight Coordinator (FC) di pesawat itu melangkah mundur, tanpa melihat posisi tangga. Namun, pada saat bersamaan petugas ground handling menggeser tangga naik/turun penumpang tersebut.

Dia pun terjatuh dari ketinggian karena tidak ada tangga yang menopang kakinya. Tampak kertas-kertas dokumen penerbangan berhamburan dari tangan petugas FC itu dan tubuhnya menghantam permukaan beton.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat